Ada 3 Doktor di PWI Sumatera Selatan, No 2 Paling Fenomenal

Ada 3 Doktor di PWI Sumatera Selatan, No 2 Paling Fenomenal

Ketua PWI Sumatera Selatan Firdaus Komar saat menerima award dari PWI Pusat--

BACA JUGA:Basarnas Buka Pendaftaran Formasi PPPK Tenaga Teknis 2022, Cek di Sini

Sehingga hal ini bertalian dengan profesi sampingannya sebagai dosen. Meski, lulus S1 Sejarah di FKIP Unsri pada 1994. Firko sebagai wartawan senior ternyata mendalami ilmu kewartawanannya. 

Sebagai praktisi tentu sangat membantunya menyelesaikan pendidikan Strata 2 di Prodi Ilmu Administrasi Publik Fisip Unsri. 

Firko yang pernah wartawan dan redaktur di koran Sriwijaya Post banyak terlibat di organisasi. Di PWI Sumsel saja dua periode menjadi Sekretaris. Masa kepemimpinan Oktaf Riady, 2008 hingga 2019. 

Kemudian hijrah ke harian Berita Pagi bersama Ketua PWI Pusat sekarang Atal S Depari. Dan sekarang membuka media sendiri yang bernama Extranews. Selain itu, aktif berbisnis. Setahu penulis Firko juga ada perusahaan distributor produk Extra Joss. 

BACA JUGA:Gara-gara Panen Sawit, Pria di Muratara Sumatera Selatan Dibawa ke Polsek, Ternyata Ini Masalahnya

Di dunia organisasi wartawan, selain Ketua PWI Sumsel 2019-2024, Firko juga sekretaris Forum Jurnalis Migas dari 2015 hingga sekarang. Direktur Forum Kajian Jurnalis dari 2013 hingga sekarang. 

Pengurus ICMI Sumsel Bidang Media. Lalu, sebelumnya pernah sebagai Pj Ketua Umum Badko HMI Sumbagsel. Dan semasa kuliah aktif di Senat Mahasiswa Unsri. 

Bendahara di Dewan Pendidikan Sumsel 2009 sampai sekarang. Serta Bidang Media Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) 2018 - 2022. 

Dalam gaya kepemimpinan di PWI pun Firko cukup slow. Terbilang berhasil menggerakkan organisasi. Aktivitas kegiatan PWI Sumsel juga banyak. Seperti pelaksanaan UKW (Uji Kompetensi Wartawan). 

BACA JUGA:Lubuklinggau Sudah Ada SPKLU, Begini Charger Mobil Listrik dengan PLN Mobile

Dan PWI Sumsel di 2022 ini, saat peringatan HPN ke-76 di Kota Malang Jatim mendapatkan penghargaan dari Dewan Pers sebagai penyelenggara UKW terbanyak. 

Secara berkala PWI Sumsel dibawah komando Firko menggelar kajian kajian. Dengan dikemas istilah 'Ngopi' = Ngobrol Pintar di sekretariat PWI Sumsel Jl Supeno No 11 Talang Semut Bukit Kecil Palembang. 

"Ini menjadi kebanggaan kita selaku anggota PWI Sumsel. Dan ini yang pertama kali dalam sejarah PWI Sumsel, Ketuanya adalah seorang doktor," ujar Anuar Sy Rasuan, wartawan senior yang mantan salah seorang pimpinan di harian Sumatera Ekspres. 

Hendaknya, jejak Firko ini kata Anuar yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumsel bisa diikuti oleh wartawan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: okutimurpos.com