Sejarah Argentina vs Prancis di Piala Dunia: Pertemuan Terakhir kalah 3-4

Sejarah Argentina vs Prancis di Piala Dunia: Pertemuan Terakhir kalah 3-4

--

LINGGAUPOS.CO.ID - Argentina vs Prancis bertemu di Piala Dunia baru terjadi 3 kali pertarungan sejak 1930 hingga 2018. 

Dimana pertemuan terakhir La Albiceleste -julukan Argentina- kontra Les Bleus -julukan Prancis- terjadi di turnamen 4 tahunan itu terjadi di 16 besar Piala Dunia 2018 lalu. 

Saat itu, Lionel Messi dan kawan-kawan harus tersingkir dengan skor 3-4 dan Kylian Mbappe menjadi man of the match (MOTM).

Dalam sejarah, laga Argentina vs Prancis sudah digelar 12 kali. La Albiceleste lebih dominan dengan 6 menang, 3 seri, dan 3 kalah. Namun, urusan perjumpaan di Piala Dunia, kedua tim jarang bersua. Uniknya, dalam 2 edisi terakhir, La Albiceleste dan Les Bleus justru bertemu 2 kali.

BACA JUGA:Final Piala Dunia 2022: Prediksi Argentina vs Prancis, Misi Juara!

  • Kalah 3-4

Jelang laga final Piala Dunia 2022 yang akan digelar pada Minggu 18 Desember 2022 pukul 22.00 WIB, Argentina tidak akan melupakan kejadian pada 30 Juni 2018 lalu. Ketika itu, di Kazan Arena, Kazan, Rusia, La Albiceleste yang sudah susah payah lolos ke fase knock-out dibuat tidak berdaya oleh Les Bleus.

Prancis unggul lebih dahulu via penalti Antoine Griezmann pada menit 13. Namun, Angel Di Maria melepaskan tembakan spektakuler 4 menit jelang turun minum untuk menyamakan kedudukan. Tidak hanya itu, awal babak kedua, tepatnya menit 48, Gabriel Mercado membuat La Albiceleste membalikkan skor jadi 2-1.

Hanya saja, Prancis memang tidak terhentikan. Setelah Benjamin Pavard menjebol gawang Franco Armani (57'), panggung menjadi milik Kylian Mbappe sepenuhnya. Penyerang yang ketika itu baru 19 tahun, memborong 2 gol pada menit 64 dan 68.

Argentina bisa membalas satu gol saja pada ujung pertandingan, ketika umpan Lionel Messi disambut tandukan Sergio Aguero. Skor akhir 3-4, La Albiceleste gugur oleh tim yang kelak menjadi juara Piala Dunia 2018.

BACA JUGA:BRI Liga 1: Prediksi Persik Kediri vs Dewa United, Stop Krisis!

Laga Prancis vs Argentina di 16 besar Piala Dunia 2018 itu memang jadi arena Les Bleus mengeksploitasi kelemahan lini belakang La Albiceleste. Dari segi penguasaan bola, Argentina sebenarnya unggul dengan 60,2 persen berbanding 39,8 persen versi WhoScored.

Selain itu, dari segi tembakan, tim tango melepaskan 10 percobaan, berbanding 9 milik tim Ayam Jantan. Namun, dari segi rapor, kedua tim berbeda jauh. Prancis dinilai 6,81 oleh WhoScored, sedangkan Agentina hanya 6,38.

Ini tidak terlepas dari kecemerlangan Prancis terutama di sisi kanan. Full back kanan Benjamin Pavard yang ketika itu masih bermain di Vfb Stuttgart, diganjar rapor 7,4. Sementara itu, Kylian Mbappe yang terpilih sebagai MOTM diberi rapor 9,8 dengan torehan brace dan kecepatannya yang merusak pertahanan Argentina.

Sebaliknya, di kubu La Albiceleste, memang ada Lionel Messi yang mendapatkan rapor 7,9 dengan 2 assist. Angel Di Maria juga diberi nilai 7,2. Namun, dari 4 bek dan 1 kiper Argentina yang masuk starting XI, hanya Gabriel Mercado yang mendapatkan rapor 7.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: