Golden Ball Piala Dunia 2022: Messi Lagi?

Golden Ball Piala Dunia 2022: Messi Lagi?

Lionel Messi membuka keunggulan Argentina melalui titik putih.-twitter.com/fifaworldcup-

LINGGAUPOS.CO.ID - Golden Ball merupakan penghargaan pemain terbaik dalam sebuah edisi Piala Dunia. Penilaian dilakukan oleh Technical Study Group FIFA.

Di samping pemain terbaik turnamen yang berhak atas Golden Ball, penghargaan Silver Ball juga diberikan kepada runner-up pemain terbaik, dan Bronze Ball untuk yang terpilih di posisi ketiga.

Sepanjang sejarah, sejumlah bintang yang pernah mendapatkan gelar Golden Ball ialah Diego Maradona (Argentina/Piala Dunia 1986), Ronaldo (Brasil/Piala Dunia 1998), dan Zinedine Zidane (Prancis/Piala Dunia 2006).

Dalam Piala Dunia 2018 lalu, Luka Modrić asal Kroasia menyabet gelar Golden Ball. Ketika itu, Vatreni, julukan Kroasia, hanya menjadi runner-up turnamen, kalah dari Prancis.

BACA JUGA:Final Piala Dunia 2022: Prediksi Argentina vs Prancis, Misi Juara!

Di pagelaran Piala Dunia 2022, Messi berkontribusi besar terhadap prestasi Argentina hingga lolos final. Golden Ball itu bisa menjadi milik Lionel Messi.

La Pulga -julukan Lionel Messi- berpeluang mengukir rekor 2 kali meraih penghargaan pemain terbaik dalam ajang Piala Dunia yang sebelumnya diraih pada Piala Dunia 2014, Brasil. Dalam edisi tersebut, Argentina kalah dari Jerman 1-0 di laga final.

Pada Piala Dunia 2010, peraih Golden Ball adalah Diego Forlan (Uruguay), yang membawa Uruguay menjadi peringkat ketiga. Sang penyerang juga menyabet Sepatu Emas dengan torehan 5 gol.

Sejak edisi 1982 silam, belum ada pemain yang meraih 2 kali Golden Ball sepanjang gelaran Piala Dunia. Namun, Lionel Messi kini berpeluang besar mengukir rekor sebagai satu-satunya pemain yang mendapatkan lagi gelar tersebut.

BACA JUGA:Perebutan Juara 3 Piala Dunia 2022: Prediksi Kroasia vs Maroko, Rematch

Dalam Piala Dunia 2022, Lionel Messi menjadi kunci permainan Argentina. La Pulga selalu masuk starting XI dan tidak pernah tergantikan di 6 pertandingan dari fase grup hingga semifinal.

Posisi Messi sangat krusial. Selain sumber gol utama tim asuhan Lionel Scaloni, ia juga tampil sebagai pengatur permainan.

Dari total 6 pertandingan tersebut, La Pulga sudah membukukan 5 gol disertai 3 assist. Rapor Messi versi WhoScored mencapai 8,14, sedangkan versi SofaScore mencapai 8,12.

Mengutip laman resmi FIFA, pemain yang memperkuat PSG di Ligue 1 itu juga memegang rekor lain di Piala Dunia. Ia menjadi salah satu di antara 6 pemain saja yang pernah tampil dalam 5 edisi Piala Dunia selain Antonio Carbajal, Lothar Matthaus, Rafa Marquez, Andres Guardado, dan Cristiano Ronaldo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: