Profil Lusail: Stadion Penyelenggara Final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis

Profil Lusail: Stadion Penyelenggara Final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis

Stadion Lusail, yang berlokasi di utara Kota Doha, Qatar.-twitter.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Stadion Lusail, yang berlokasi di utara Kota Doha, Qatar, ini akan menjadi saksi bisu penyelenggaraan akbar pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis pada Minggu 18 Desember 2022, mulai pukul 22.00 WIB. 

Kapasitas stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 88.966 orang. Di pagelaran Piala Dunia 2022, Stadion Lusail sempat beberapa kali digunakan sebagai arena pertandingan. Di babak grup, misalnya, stadion menggelar total 6 pertandingan dari Grup C, G, dan H.

Beberapa pertandingan di fase gugur juga dihelat di stadion ini yakni Portugal vs Swiss (16 besar), Belanda vs Argentina (perempat final), dan Argentina vs Kroasia (semifinal).

Partai puncak yang diagendakan berlangsung pada 18 Desember 2022 akan menjadi laga terakhir yang dihelat di venue ini.

BACA JUGA:Final Piala Dunia 2022: Prediksi Argentina vs Prancis, Misi Juara!

Fakta Lusail, Stadion Final Piala Dunia 2022

Stadion Lusail dirancang oleh Foster + Partners, perusahaan konstruksi asal Britania Raya. Berdasarkan catatan situs resmi perusahaannya, stadion ini dibangun sesuai dengan visi perkotaan Kota Lusail, Qatar.

Bentuk bangunannya dikonsep seperti mangkuk. Bagian eksteriornya berwarna kekuningan atau keemasan. Pembangunannya dimulai pada April 2017 dan baru selesai pada April 2021.

Para penggemar sepak bola yang ingin menonton pertandingan di stadion itu bisa memanfaatkan transportasi umum metro dan shuttle. Selain itu, wisatawan juga bisa mengakses layanan taksi-taksi yang terdapat di sekitar jalan raya stadion.

Situs resmi Qatar menyebut bahwa Stadion Lusail akan dialihfungsikan setelah Piala Dunia 2022 rampung. Namun, perannya sebagai venue pertandingan sepak bola tetap dipertahankan. Hanya saja kapasitasnya akan diturunkan menjadi 20.000 orang saja.

BACA JUGA:Perebutan Juara 3 Piala Dunia 2022: Prediksi Kroasia vs Maroko, Rematch

Selain difungsikan sebagai venue pertandingan sepak bola, Stadion Lusail akan berperan juga sebagai lokasi wisata dan pendidikan. Akan ada bangunan tambahan seperti kafe, toko, klinik, fasilitas olahraga, hingga ruang komunitas belajar/sekolah.

Hal ini diterapkan pemerintah sebagai penerapan pembangunan berkelanjutan. Selain fungsi utama pada awal pembangunan, ternyata sudah disiapkan juga fungsi lain setelah gelaran kompetisi empat tahunan internasional usai.

Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis di Stadion Lusail

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: