KPU Muratara Belajar Jurnalistik

KPU Muratara Belajar Jurnalistik

Ketua KPU Muratara Agus Maryanto dan anggota stafnya foto bersama narasumber Direktur Harian Pagi Linggau Pos, Solihin, General Manager Linggau Pos Online Endang Kusmadi dan Feri dari Sil TV dalam bimtek penguatan internal KPU dalam mengenal dunia jurnali--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - KPU Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia di Lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Musi Rawas Utara bertempat di Hotel Dafam Linggau, Rabu 14 Desember 2022.

Kegiatan yang mengangkat tema "Peningkatan Kapasitas SDM, dilingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Muratara" yang dihadiri oleh Narasumber dari Direktur Harian Pagi Linggau Pos Solihin, Manager Linggau Pos Online Endang Kusmadi dan Feri dari Sil TV

Bimtek dibuka langsung Ketua KPU Muratara, Agus Maryanto, Anggota Netty Herawati, Heriyanto, Ardiyanto, Handoko, Sekretaris, Syamsiah, SH, MH serta pengurus KPU Muratara.

Ketua KPU Muratara Agus Maryanto menjelaskan secara internal mengadakan Bimtek Penguatan Peningkatan kapasitas SDM, dilingkungan Sekretariat KPU Muratara.

BACA JUGA:Berikut 10 Pelanggaran yang Terekam Kamera ETLE, Dendanya Ratusan Ribu Rupiah

"Karena lembaga KPU disorot oleh publik terkait tahapan Pemilu 2024 terkait dengan itu tentu wajah KPU tidak dilihat dari personal-personalnya tapi KPU sebagai lembaga mampu menginformasikan setiap kegiatan KPU keluar dan kedalam itu kepada publik dengan bahasa-bahasa yang memenuhi asas -asas jurnalisme,"katanya.

Agus Maryanto menambahkan bagaimana menjadi lembaga pelayan bagi peserta dan pemilih  dan bagaimana kami sebagai penyelenggara ini mampu memberikan informasi yang akurat, terbuka dan berimbang ke khalayak umum agar masyarakat mengetahuinya.

Dikatakannya, terkait dengan itu kita hadirkan narasumber yang bergerak di bidang swasta terutama dari media Linggau Pos, SilTV dan pihak Hotel Dafam dalam rangka agar siar kami teman-teman SDM di KPU  bisa seprofesional di lembaga swasta.

"Karena kami ada tagline dalam integritas 24 jam agar paling tidak dalam berbahasa dan berkomunikasi terutama dalam ruang misalnya dalam informasi  pengelolaan media sosial, dalam jendelanya KPU," ungkapnya.

BACA JUGA:Mulai Hari ini 5 ETLE di Lubuklinggau Aktif, Berikut Lokasinya

Menurutnya ketika orang belum bertanya tentang KPU apapun kegiatannya sehinggah  orang bisa melihat chanel-chanel KPU, jadi yang memperkuatnya yakni SDM yang ada dididalamnya.

"Untuk kegiatan selama satu hari ini kami akan perkuat pembuatan narasi informasi  dalam tahapan dan kemampuan mereka mengambil angle dalam sebuah momen, agar video itu bisa menginformasikan kepada publik," jelasnya.

"Karena sekarang kita ketahui era digital tidak mungkin mereka datang langsung ke KPU sehinggah bisa melihat media sosial dan media online" tambahnya.

Kemudian, output kita harapkan yakni teman-teman di seluruh tingkatan bidang yang ada di KPU agar menguasai teknik -teknik menginformasikan kepada publik kepada informasi yang ada lalu mengelolah setiap tahapan dan kegiatan dilaksanakan untuk disajikan kepada kebutuhan internal secara berjenjang.

BACA JUGA:Rifda Widi

Sementara itu, Direktur Harian Pagi Linggau Pos, Solihin mengatakan," Alhamdulillah kami dilibatkan oleh KPU Muratara dalam penguatan SDM dan kami dari Linggau Pos Group dipercaya untuk menyampaikan tentang dasar dan tehnik serta etika jurnalistik,"katanya.

"Untuk kegiatan ini dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 yang akan datang dengan harapan semua tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 lebih transparan, jelas dan luas informasinya kemasyarakat," ungkapnya.

Kemudian masyarakat bisa memaknai apa itu demokrasi pemilu dan tahapan pemilu serta pemilih, dengan itulah yang ada dalam KPU bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas tentang demokrasi itu sendiri.

Sehingga masyarakat bisa ikut menyukseskan proses pemilu ini dan bisa menggunakan hak pilihnya sesuai hati nuraninya dan pencapaiannya bisa menghasilkan dapat diterima oleh semua pihak.

BACA JUGA:FT: Prancis Vs Maroko: Skor 2-0, Prancis Tantang Argentina di Final Piala Dunia

Solihin menjelaskan dasar hukum jurnalistik dengan 10 dasar hukum tentang pers, hubungan jurnalistik penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu dalam pasal 3 ayat (1) dan (2) UU No 40 tahun 1990 tentang pers, menjelaskan pers berfungsi sebagai media inpormasi, pendidikan, kontrol sosial, hiburan dan sebagai lembaga ekonomi.

Lalu peran strategis media (jurnalistik), katanya pelaksanaan pemilu/pilpres/pilkada dengan sebagai sarana pendidikan, sarana sosialisasi dan promosi, sarana kontrol sosial demokrasi, perlunya penyelengaraan pemilu, dan membangun kerjasama dengan pers, jurnalis skills dan etika jurnalistik.

Sedangkan Endang Kusmadi  juga menjelaskan keterkaitan media online dan medsos yakni publikasi, media komunikasi, media online, media sosial, dan publikasi yang menarik.

Lalu Feri dari SIL TV menjelaskan pengertian video jurnalistik , jenis video, cara pengambilan video, teknik pengambilan video, camera angle, camera movement, peralatan produksi.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: