Head to Head Belanda vs Argentina: Memori 1974 & 2014

Head to Head Belanda vs Argentina: Memori 1974 & 2014

Mephis Depay mencatatkan namanya dipapan skor pada menit 10. Sementara Belanda unggul 2-0 atas Amerika Serikat.-twitter.com/fifaworldcup-

LINGGAUPOS.CO.ID - Belanda akan meladeni Argentina pada babak 8 besar Piala Dunia 2022. Pertandingan ini mengingatkan kembali memori duel kedua kubu saat Piala Dunia 1974 dan 2014. 

Di pertandingan tahun 1974 tercatat sebagai pertemuan perdana Belanda vs Argentina, sementara laga 2014 menjadi pertemuan terakhir kedua tim.

Sejauh ini, secara keseluruhan Belanda dan Argentina sudah terlibat dalam 9 kali pertemuan. Dari jumlah tersebut 5 di antaranya terjadi dalam ajang Piala Dunia.

Dari pertarungan di Piala Dunia, baik Belanda maupun Argentina sama-sama merebut 2 kemenangan, sedang 1 laga lain berakhir imbang.

BACA JUGA:MotoGP 2023: Sprint Race, Ide Gila dan Bodoh, Bikin Makin Stres!

Pertarungan perdana Belanda vs Argentina di Piala Duni terjadi pada edisi 1974. Ketika itu mereka berjumpa di putaran kedua Grup A.

Laga tersebut berkesudahan 4-0 untuk Belanda. Johan Cruijff menjadi bintang De Oranje dengan 2 gol, dan ditambah gol lain dari Ruud Krol dan Johnny Rep.

Dalam Piala Dunia 1974, Belanda akhirnya lolos sebagai juara grup dengan torehan sempurna 3 kemenangan. Selain menang 4-0 atas Argentina, skuad Oranje juga unggul masing-masing 2-0 atas Jerman Timur dan Brasil. Adapun Argentina harus puas finis posisi juru kunci dengan mengantongi 1 poin.

Empat tahun berselang, Argentina berhasil tuntas. Tak hanya menyamakan head to head (H2H) menjadi 1-1, Argentina juga sukses menggondol gelar Juara DUnia, usai mengalahkan Belanda 3-1 di final.

BACA JUGA:Prediksi 16 Besar: Portugal vs Swiss: Fokus Penuh

Mario Kempes membuka skor bagi Tim Tango pada menit 38. Tapi Belanda lantas menyamakan kedudukan lewat lesakan Dick Nanninga menit 82.

Tuan rumah Argentina lantas menunjukkan keunggulannya lewat tambahan 2 gol saat extra time, masing-masing melalui Mario Kempes (105') dan Daniel Bertoni (116').

Kedua kubu lantas bertemu kembali 20 tahun kemudian di Piala Dunia 1998 Prancis. Memainkan laga perempat final, Belanda sukses memulangkan Argentina berkat kemenangan 2-1.

Patrick Kluivert membawa Belanda unggul pada menit 12. Lalu Argentina menyamakan skor melalui Claudio Lopez 6 menit kemudian. Kemudian gol Dennis Bergkamp menit 89 yang akhirnya memastikan kemenangan Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: