BWF World Tour Final 2022: Jadwal dan Format Kompetisi

BWF World Tour Final 2022: Jadwal dan Format Kompetisi

Apriyani Rahayu/ Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia)-twitter.com/prifadteam-

LINGGAUPOS.CO.ID - BWF World Tour Final 2022 akan digelar pada 7-11 Desember 2022.

BWF World Tour Final 2022 merupakan rangkaian final dari perhelatan seri BWF World Tour 2022. Dari setiap kejuaraan Super 100, Super 300, Super 500, Super 750, dan Super 1000, setiap pemain yang mengikuti akan mendapatkan poin sesuai dengan pencapaian masing-masing.

Poin itulah yang kemudian diakumulasi sebagai modal persaingan menuju BWF World Tour Final. Pada musim kompetisi 2022 ini terdapat 2 turnamen Super 1000, 4 turnamen Super 750, 6 turnamen Super 500, 7 turnamen Super 300, serta 5 turnamen Super 100.

Jumlah poin yang didapat dari tiap kategori turnamen berbeda-beda, turnamen dengan level yang lebih tinggi akan menyediakan poin dan nominal hadiah yang lebih besar. Dengan demikian turnamen dengan tingkat yang lebih tinggi tentu diikuti oleh lebih banyak pemain bintang.

BACA JUGA:Dani Pedrosa: Buka Kans Balapan Lagi di MotoGP 2023

Terdapat perubahan venue penyelenggaraan pada turnamen tahun ini. Dari yang awalnya akan dimainkan di Guangzhou (Cina), kini diputuskan pindah ke Bangkok, Thailand.

Format Kompetisi BWF World Tour Final

Akumulasi poin yang diperoleh dari tiap turnamen lantas menjadi acuan untuk menentukan peringkat di klasemen BWF World Tour. Kemudian 8 wakil terbaik dari tiap sektor berhak meraih tiket untuk mengikuti ajang BWF World Tour Final.

Artinya, secara total terdapat 40 peserta dalam ajang World Tour Final, yang berasal dari 5 sektor, yakni: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Delapan peserta dari tiap sektor lantas diundi ke dalam 2 grup. Perlu diketahui bahwa unggulan 1 dan 2 atau peringkat 2 besar di klasemen BWF World Tour tidak akan berada dalam grup yang sama. Posisi grup terpisah juga berlaku untuk pemain berperingkat 3 dan 4.

BACA JUGA:Jadwal Pertandingan Piala Dunia Hari Ini, Rabu 30 November 2022

BACA JUGA:Hasil Ekuador vs Senegal: Skor 1-2, Senegal Ikuti Jejak Belanda

Sedangkan sisa peserta lainnya atau pemain berperingkat 5 sampai 8 tidak mendapat perlakuan serupa. Hasil drawing bisa menempatkan mereka di grup manapun.

Tiap grup diisi oleh 4 peserta yang akan saling bertanding menggunakan sistem round-robin. Nantinya 2 peserta teratas di klasemen akhir masing-masing grup berhak untuk lolos ke semifinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: