Erwin Armeidi : Linggau Sudah UHC

Erwin Armeidi : Linggau Sudah UHC

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi-Dokumen-

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau Erwin Armeidi menegaskan sebetulnya saat ini Kota Lubuklinggau sudah Universal Health Coverage (UHC). Hal ini berdasarkan data yang mereka dapat dari BPJS Kesehatan Lubuklinggau, per Oktober yang dipublish pada November 2022.

“Data dari BPJS tersebut, dari jumlah penduduk kita 234.830 jiwa yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan sebanyak 232,069 jiwa atau sudah 98,82 persen. Bisa dikatakan UHC, ketika 95% penduduk kita sudah tercover jadi peserta JKN-KIS. Artinya, kita sudah UHC,” ungkap Erwin, Selasa 8 November 2022.

Ia merincikan, berdasarkan data dari BPJS per Oktober 2022, penerima PBI JK APBN sebanyak 111.624 jiwa, penerima PBI APBD sebanyak 23.263 jiwa, penerima Pekerja Penerima Upah (PPU) sebanyak 60.799 jiwa, penerima pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) 32.286 jiwa, dan bukan pekerja sebanyak 4.097 jiwa.

“Penjelasan dari pihak BPJS, Pemkot Lubuklinggau memang sudah mencapai UHC tapi sekarang belum dengan skema non cut off, yang maksudnya tidak bisa langsung aktif. Tapi sebetulnya, berdasarkan kepesertaan kita sudah UHC,” tegasnya.

Bahkan, kata Erwin, Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe sudah diusulkan oleh BPJS Kesehatan Lubuklinggau untuk mendapatkan penghargaan di UHC Award oleh BPJS dipertengahan bulan depan.

“Kemarin sore bersama pihak BPJS kita sudah menghadap Wali Kota Lubuklinggau terkait hal ini,” jelasnya.

Sebelumnya sebanyak 56 ribu warga Kota Lubuklinggau tercover dalam program UHC. Dengan dialihkan seperti ini ungkap Erwin, UHC tetap bisa dilaksanakan tanpa mengganggu keuangan daerah. Mengingat APBD Kota Lubuklinggau sangat terbatas.

Lalu saat ini bagi warga yang belum tercover namun butuh biaya untuk berobat, Erwin pun meyakini masih bisa menggunakan kuota cadangan yang dimiliki oleh Pemkot. (rls)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: