Cocok Buat yang Mau Diet, Ini 6 Manfaat Minum Air Putih yang Jarang Diketahui

Cocok Buat yang Mau Diet, Ini 6 Manfaat Minum Air Putih yang Jarang Diketahui

Gejala Kurang Minum Air Putih-Andrea Piacquadio-Pexels--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain membantu menghilangkan rasa haus, nyatanya rutin minum air putih juga baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh.

Air putih sangat penting untuk rutin minum air agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi dan risiko gangguan kesehatan bisa dihindari.

Tak hanya menghilangkan dahaga, manfaat minum air putih untuk kesehatan sangatlah beragam. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara rutin.   

Lantas benarkah jika air putih dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita? Sebab, apabila kita hanya mendengarkan perkataan orang lain tanpa mengetahui faktanya tentu hal tersebut akan menjadi sangat rancu bagi kita.

BACA JUGA:Heboh, Informasi Penangkapan Tersangka Narkoba di Tanah Periuk Musi Rawas

Beda halnya apabila kita telah membaca hasil penelitiannya dan tahu bahwa Air Putih merupakan air minum yang paling bermanfaat untuk manusia. 

Mengutip dari berbagai sumber dan hasil penelitian, air putih memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita.

Di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan banyak Minum Air Putih :

1.Kemampuan Fisik Maksimal

BACA JUGA:Mudik Natal dan Tahun Baru 2023 Tidak Dilarang, Berikut Ketentuannya

Bagi yang sering melakukan olahraga secara intens, kebutuhan air di dalam tubuh pasti akan meningkat. Sebab saat olahraga, tubuh kita akan kehilangan banyak sekali massa air melalui keringat yang keluar.

Padahal, apabila tubuh kekurangan massa air sebanyak 2 persen saja, bisa menurunkan kemampuan fisik dari tubuh itu sendiri loh.

Kondisi seperti itu juga banyak ditakuti para atlet dikarenakan akan menurunkan performa mereka.

Apabila kalian yang sering melakukan olahraga tidak mau kehilangan kemampuan fisik kalian, ada baiknya untuk banyak Minum Air Putih ketika kalian haus.

BACA JUGA:Cukup Bekerja di Rumah, Ibu-ibu Bisa Dapat Rp 1, 5 Juta, Begini Caranya  

2.Fungsi Otak

Kalian pernah merasakan lemas ketika saat puasa atau ketika sedang melakukan suatu hal saat jarang meMinum Air Putih? Tenang saja, kondisi tersebut merupakan kondisi yang normal.

Menurut beberapa penelitian, kehilangan kandungan air di dalam tubuh sebanyak Satu sampai Tiga persen saja, bisa menurunkan fungsi otak dan menurunkan energi.

Maka dari itu, sebaiknya penuhi kebutuhan Air Putih tubuh kalian. Bahkan saat kita banyak Minum Air Putih juga bisa menghilangkan rasa kantuk dan lelah saat kita bekerja.

BACA JUGA:10 Daerah di Sumatera Selatan Rawan Gempa

3.Mencegah Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat membuat kita tidak nyaman. Gangguan kesehatan ini sering sekali muncul ketika kita mengalami dehidrasi baik yang ringan maupun akut.

Sakit kepala sendiri tidak akan hilang sampai kalian memenuhi asupan air di dalam tubuh kalian. Apabila kepala kalian mulai sakit, jangan kalian biarkan begitu saja.

Memang ketika kita Minum Air Putih rasa sakit yang ada di kepala kita tidak akan hilang secara instan, namun rasa tersebut akan diminimalkan sehingga kita bisa melanjutkan aktivitas sampai kita mendapatkan obat sakit kepala dan istirahat.

BACA JUGA:Korban Bangunan

4.Mengatasi Sembelit

Apabila kalian ada yang saat ini sedang sembelit, sebaiknya mulai perbanyak Minum Air Putih. Disarankan untuk meMinum Air Putih hangat sebanyak 2 gelas atau lebih.

Air hangat yang masuk nantinya akan segera bergerak ke usus dan membuat feses yang awalnya tidak mau keluar menjadi lebih lunak sehingga akan menjadi mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, perbanyak untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi.

5.Pencegahan Batu Ginjal

BACA JUGA:Meksiko Vs Polandia: Penalti Lewandowski Gagal, Meksiko Imbangi Polandia

Pembentukan kristal di dalam ginjal yang dibawa oleh urine atau air seni, akan lebih cepat apabila tubuh kita sering mengalami dehidrasi. Jangan malas untuk banyak – banyak Minum Air Putih agar kalian tidak mau terkena batu ginjal. Juga kalian sangat tidak disarankan ketika kalian ingin buang air kecil, kalau sudah dirasa mau buang air kecil, segera lakukan dan jangan ditunda – tunda.

6.Membantu Proses Menurunkan Berat Badan

Dari beberapa studi yang dilakukan oleh ahli, ketika kita meminum Dua gelas Air Putih, metabolisme dalam tubuh akan meningkat secara instan sebanyak 30 persen dalam 1,5 jam.

Nah, dengan meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita, bisa membuat tubuh lebih banyak membakar lemak yang ada.

BACA JUGA:Walau Pendek, Pemain Ini Andalan Timnya di Piala Dunia 2022, Nomor 1 Cuma 158 Cm Loh..

Lalu meminum Dua gelas sebelum makan, bisa menurunkan berat badan kita hingga 44 persen lebih banyak dalam kurun waktu kurang lebih 12 minggu. Tapi kalian juga harus mengiringi dengan olahraga dan mengatur pola makan yang sehat.

Bagaimana, dengan begini kalian semua sudah tahu berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan hanya dengan mencukupi kadar air dalam tubuh dengan banyak Minum Air Putih. Memang terlihat mudah, tapi kalau kita sudah terbiasa untuk tidak banyak minum, memang akan sedikit sulit untuk melakukannya.

Kalian tenang saja, sebab kami juga memiliki tips untuk kalian yang sudah terbiasa untuk jarang minum dan susah memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh kalian, tips tersebut antara lain :

-Minum Air Putih secara berkala. Maksudnya jangan langsung mengonsumsi Air Putih dengan jumlah banyak pada satu waktu. Istilah lainnya ialah mencicil dengan minum Dua gelas terlebih dahulu, dan sisanya bisa kalian minum dalam waktu lainnya.

BACA JUGA:Shakira, Putus dari Pique, Kini Ditaksir Bintang Muda Real Madrid

-Kalian juga bisa membuat jadwal tersendiri untuk Minum Air Putih. Misalnya mulai dari Dua jam sekali untuk minum Satu gelas Air Putih.

-Selalu membawa botol air ketika kalian mau bekerja atau beraktivitas di Luar rumah. Kalau tidak mau membawa botol minum yang besar, kalian bisa membeli botol minum kecil yang berisi antara Tiga sampai Empat gelas Air Putih. Dengan tersedianya Air Putih di dekat kalian, maka sudah pasti kalian akan tidak malas untuk Minum Air Putih.

-Biasakan diri untuk mulai Minum Air Putih sebanyak Dua gelas ketika bangun tidur dan Satu gelas ketika kalian ingin tidur. 

Kami harap kalian tidak lagi malas untuk banyak Minum Air Putih. Lebih baik biasakan diri untuk mulai mengonsumsi banyak Air Putih karena sangat bermanfaat bagi tubuh.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Simak, 6 Manfaat Minum Air Putih yang Jarang Diketahui, Cocok Buat yang Mau Diet Lho!

 

 

Sumber: disway.id