Piala Dunia 2022: Mana yang Berlabel Grup Neraka?

Piala Dunia 2022: Mana yang Berlabel Grup Neraka?

Piala Dunia 2022 sudah didepan mata.-twitter.com/FIFAWorldCup-

LINGGAUPOS.CO.ID - Piala Dunia 2022 sudah didepan mata. Sebanyak 32 tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar terbagi ke dalam 8 grup yang masing-masing diisi oleh 4 peserta turnamen.

Pembagian grup Piala Dunia 2022 sudah dilakukan pada 1 April 2022. Tuan rumah, Qatar yang menempati pot 1 masuk ke Grup A. Tim berjuluk Al-Annabi berada di grup yang sama dengan Belanda, Senegal, dan Ekuador.

Tim Nasional Qatar dijadwalkan menghadapi Ekuador dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. Sementara itu, juara bertahan, Prancis, tergabung di Grup D bersama dengan Australia, Denmark, dan Tunisia.

Di atas kertas, Les Bleus -julukan Prancis- layak untuk diunggulkan menjadi juara grup. Namun, melihat catatan sejarah piala dunia, juara bertahan kerap kesulitan untuk lolos dari fase grup.

BACA JUGA:Piala Dunia 2022: Kans Juara Bertahan Hadapi Kutukan

Timnas Prancis sudah pernah mengalami "kutukan" juara bertahan itu saat gagal lolos fase grup di Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang. Di edisi kali ini Kylian Mbappe dan kawan-kawan pun bakal berupaya memutus kutukan tersebut.

Grup Neraka

Secara keseluruhan, pembagian grup Piala Dunia 2022 cukup merata. Pasalnya, tidak ada tim-tim unggulan menumpuk dalam 1 grup sehingga berpotensi tersingkir di babak penyisihan grup. Kendati begitu, terdapat sejumlah grup yang berpotensi menyajikan persaingan alot. 

Sebagai misal ialah Grup E yang diisi oleh Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika. Selain itu, ada Grup F yang berisi Belgia, Kroasia, Kanada, dan Maroko. Setidaknya 2 grup ini yang layak disebut sebagai grup neraka di Piala Dunia Qatar. 

Jerman dan Spanyol yang berada di Grup E pun diunggulkan untuk lolos ke fase gugur. Pasalnya, 2 tim Eropa tersebut memiliki komposisi pemain yang lebih bagus dibanding 2 tim lainnya Jepang, dan Kosta Rika. 

BACA JUGA:Turki vs Ceko: Mampukah Turki mengalahkan Ceko?

Namun, Kosta Rika yang pernah sukses lolos ke fase gugur Piala Dunia 2014, usai menyingkirkan Inggris dan Uruguay, juga patut diwaspadai. Mereka berpotensi menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2022. 

Timnas Jepang juga tidak bisa diremehkan. Apalagi, Jepang pernah menjadi juara Piala Asia 2011 di Qatar. Selain itu, tim berjuluk Samurai Biru tersebut kerap tampil bagus di piala dunia meskipun pencapaian terbaiknya adalah babak 16 besar. 

Di Piala Dunia 2018 Jepang berhasil lolos ke babak 16 besar. Skuad Samurai Biru kala itu bahkan hampir mengalahkan Belgia di fase gugur. Perlu dicatat, di Piala Dunia Rusia, skuad Belgia berisi para pemain yang dianggap sebagai generasi terbaik wakil Eropa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: