Heboh 2 Selebgram Makassar Ditangkap, Menurut Penelitian Ini Penyebabnya

Heboh 2 Selebgram Makassar Ditangkap, Menurut Penelitian Ini Penyebabnya

Ilustrasi korban rudapaksa--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Personel Resmob Polda Sulawesi Selatan menangkap dua orang jaringan prostitusi online yang melibatkan dua Selebriti Instagram (selegram) inisial DN dan PI di salah satu hotel di Makassar.

Penangkapan selebgram yang terjun ke dunia prostitusi bukanlah fenomena baru.

Ada beberapa nama selebgram lain yang sebelumnya tersandung kasus yang sama.

Dua selebgram Makassar baru-baru ini buat kehebohan setelah ditangkap oleh polisi karena diduga terlibat prostitusi online.

Mereka adalah DN (23) dan PI (20) yang ditangkap di sebuah hotel setelah polisi mengamankan Ijas Sulaeman (25) dan Firdani alias Cempreng (32) yang disebut bertindak sebagai mucikari.

Berdasarkan temuan polisi, kedua pria itu mencari pelanggan menggunakan aplikasi WhatsApp.

Tarif yang dipasang untuk bisa mengencani dua selebgram Makassar itu berada di angka Rp 2 juta.

Dalam jurnal terbitan UNESCO yang berjudul A Cultural Approach to HIV/AIDS Prevention and Care, prostitusi bisa terjadi apabila adanya faktor pelakunya bersedia serta terpaksa.

Pelaku prostitusi yang terjun atas kerelaannya sendiri umumnya disebabkan oleh adanya tuntutan ekonomi, tekanan keluarga dan lainnya.

Sementara orang yang terpaksa masuk dunia prostitusi dijadikan definisi bagi mereka yang dijadikan korban perbudakan dan perdagangan manusia. 

Biasanya, mereka terlebih dahulu diculik sebelum dijual oleh mucikari.

Jeffrey Jackson dalam buku berjudul Setting the Record: The Trafficking of Migrant Women in the England and Wales Off-street Prostitution Sector menyatakan, faktor ekonomilah yang paling berperan dalam bisnis haram ini.

Kebutuhan akan uang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lain.

Ada yang butuh uang untuk membiayai keluarga, tempat tinggal bahkan kebutuhan akan obat-obatan terlarang.

Prostitusi mereka anggap sebagai jalan pintas paling mudah untuk mendapatkan uang.

Meski begitu, menurut Jackson, profesi ini punya resiko besar di baliknya seperti terkena penyakit.

Buku Breaking Down the Barriers: A Study of How Women Exit Prostitution menunjukkan hasil riset bahwa 39% orang yang terjun ke dunia prostitusi tidak memiliki riwayat pendidikan formal.

Rendahnya pendidikan membuat orang-orang rentan menjadi target mucikari yang ingin memanfaatkan kelemahan demi mendapatkan keuntungan.

Buku yang sama memaparkan hasil riset bahwa 72 persen orang yang masuk ke dunia prostitusi pernah mengalami abuse secara verbal, psikis maupun fisik ketika berusia anak-anak.

Pengalaman yang buruk itu turut memacu seseorang untuk merasa diabaikan atau tidak cukup penting hidupnya sehingga tidak memiliki banyak pertimbangan sebelum memutuskan terjun ke dunia prostitusi.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Heboh 2 Selebgram Makassar Ditangkap, Begini Penyebab Wanita Masuk Dunia Prostitusi Menurut Penelitian

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id