Google Doodle Hari ini, Ali Haji bin Raja Haji Ahmad, Peletak Dasar Bahasa Melayu Jadi Bahasa Indonesia

Google Doodle Hari ini, Ali Haji bin Raja Haji Ahmad, Peletak Dasar Bahasa Melayu Jadi Bahasa Indonesia

--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Google Doodle hari ini Sabtu 5 November 2022, adalah Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad. Siapa dia? 

Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad adalah orang yang meletakkan dasar Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia. 

Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad adalah seorang sejarawan, cendekiawan, dan penulis ternama yang memimpin kebangkitan sastra serta budaya Melayu pada abad ke-19.

Ia pun mendapat gelar Pahlawan Nasional Indonesia pada 5 November 2004.

BACA JUGA:Polisi Amankan 12 Orang di Lubuklinggau

Nama Lengkapnya adalah Raja Ali al-Hajj ibni Raja Ahmad al-Hajj ibni Raja Haji Fisabilillah bin Opu Daeng Celak alias Engku Haji Ali ibni Engku Haji Ahmad Riau.

Pada masa tersebut, orang Melayu kerap memberi nama anaknya dengan mencuplik nama sang kakek (datuk) apabila datuknya itu sudah meninggal. Hal itu berdampak pada banyaknya kemiripan dan pengulangan nama.

Dia juga bukanlah raja dalam arti harfiah sebagai penguasa tertinggi pada suatu kerajaan. Julukan ‘raja’ muncul karena zeitgeist (jiwa zaman) saat itu yang menyebabkan masyarakat memanggil dia raja.

Di kalangan mahasiswa sastra, namanya kerap disingkat sebagai RAH atau cukup dipanggil Rajaji.

BACA JUGA:Simak! Niat dan Tata Cara Salat Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Karyanya yang paling terkenal adalah Tuhfat al-Nafis atau “Hadiah Berharga”. Karyanya itu dianggap sebagai rujukan penting sejarah Semenanjung Melayu.

Salah satu karyanya, Gurindam Dua Belas yang terkenal itu diukir di sepanjang dinding di bangunan makamnya agar setiap orang yang berziarah bisa membacanya.

Bahasa Indonesia yang kita gunakan sekarang sejatinya adalah bahasa Melayu tinggi yang pada 28 Oktober 1928 disepakati oleh para pemuda sebagai bahasa pemersatu. 

Bahasa yang akhirnya digunakan agar para pemuda dari berbagai daerah bisa berkomunikasi dengan lebih baik dan memahami jalan pikiran satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: