MotoGP Valencia : Suzuki Ucap Selamat Tinggal

MotoGP Valencia : Suzuki Ucap Selamat Tinggal

Franco Uncini, Loris Capirossi, Randy Mamola, Alex Rins, Joan Mir, Kevin Schwantz, John Hopkins, dan Maverick Vinales (c) Suzuki Racing-foto : twitter motogp-

LINGGAUPOS.CO.ID - Seri terakhir MotoGP Valencia 2022 akan diselenggarakan pada 4-6 November 2022 Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol. Dan seri ini merupakan menjadi penanda akhir dari era Suzuki di ajang Grand Prix. 

Seperti yang diketahui, pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang, tersebut pada Mei lalu memutuskan untuk hengkang dari MotoGP akhir musim ini. Menurut Suzuki Motor Corporation (SMC), langkah mundur ini sangat krusial untuk keberlanjutan perusahaan mengingat adanya krisis ekonomi global.

BACA JUGA:Marc Marquez Tolak Baikan dengan Valentino Rossi

Suzuki pun tak hanya hengkang dari MotoGP, melainkan juga dari banyak kejuaraan balap bergengsi lainnya di dunia, termasuk FIM Endurance World Championship yang baru saja mereka juarai.

Keputusan mereka sangat mengejutkan, karena pada 2021, mereka tanda tangan kontrak baru berdurasi lima tahun dengan Dorna Sports untuk berlaga di MotoGP sampai 2026. Namun, SMC tahun ini memutuskan mengalihkan biaya, teknologi, dan sumber daya manusia mereka ke divisi produksi massal.

BACA JUGA:Pantang Terjegal Pada Babak Awal

Nyaris Harus Bayar Denda Tinggi ke Dorna Sports

SMC mengumumkan keputusan hengkang dari MotoGP pada secara internal kepada skuad Suzuki Ecstar pada 2 Mei 2022, saat mereka sedang menjalani tes pascabalap di Jerez, Spanyol. Seluruh anggota tim merasa syok, termasuk Joan Mir dan Alex Rins. Kabar ini kemudian terendus publik hanya beberapa jam setelahnya.

Sehari berikutnya, Dorna Sports selaku promotor MotoGP secara resmi memperingatkan bahwa Suzuki tak boleh mundur secara sepihak, mengingat tahun lalu mereka menyepakati kontrak anyar yang baru akan habis pada akhir 2026. Jika melanggar kontraknya dengan Dorna, Suzuki terancam harus membayar denda tinggi.

BACA JUGA:Formula 1 Meksiko : Verstappen Toreh Rekor 14 Kemenangan Semusim

Usai diskusi baik-baik selama dua bulan, Dorna Sports akhirnya mengizinkan Suzuki pergi untuk kedua kalinya dalam kurun satu dekade belakangan. Hal ini diumumkan secara resmi pada 13 Juli 2022. Mir dan Rins pun dipastikan sama-sama pindah ke Honda, masing-masing ke Repsol Honda dan LCR Honda Castrol.

Masa Kejayaan dan Masa Vakum

Suzuki diketahui sudah berlaga di Grand Prix sejak 1960, dan meraih gelar dunia pertamanya pada 1962, yakni lewat Ernst Degner di kelas GP125. Secara total, pabrikan yang bermarkas di kota Hamamatsu, Jepang, ini telah mengoleksi 16 gelar dunia dalam sejarah Grand Prix.

BACA JUGA:Torehkan Sejarah! Gol Sliding Tekel Jarak Jauh Bikin Juara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: