Ini Penjelasan Wahabi Menurut Ustaz Adi Hidayat

Ini Penjelasan Wahabi Menurut Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat pernah ditanya mengenai fenomena tuduhan Wahabi di Indonesia. Dia pun menjawab dan memberikan penjelasan cukup ringkas.-Adi Hidayat Official-YouTube Channel--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID –  Rekomendasi Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) membuat publik terguncang.

Pasalnya, surat rekomendasi itu berisikan larangan terhadap penyebaran paham yang kerap disebut Wahabi, mulai dari majelis ilmu, media online maupun media sosial di Indonesia.

Bahkan selain itu terdapat larangan agar tidak mengeluarkan izin terhadap festival HijrahFest atapun HijabFest.

Di antara rekomendasi larangan terhadap pemahaman Wahabi di Indonesia itu disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Dakwah PBNU di Asrama Haji Jakarta, 25-27 Oktober 2022 lalu.

BACA JUGA:Ini Kumpulan Sholawat Pada Peringatan Maulid Nabi 2022, Bukti Cinta Kepada Rasulullah SAW

"Lembaga Dakwah PBNU merekomendasikan kepada pemerintah (dalam hal ini Kemenkopolhukam, Kemenkumham, Kemendagri, dan Kemenag) untuk membuat dan menetapkan regulasi yang melarang penyebaran ajaran Wahabiyah," demikian bunyi rekomendasi tersebut dalam laman resmi LD PBNU.

Lantas apa yang dimaksud Wahabi itu sendiri? Dalam salah satu video ceraham Ustaz Adi Hidayat yang ditayangkan kanal YouTube Ceramah Pendek dengan Judul: "Apa Itu Wahabi? || Ustadz Adi Hidayat Lc MA", menerangkan apa yang dimaksud dengan Wahabi.

Dalam video itu Ustaz Adi Hidayat menyebutkan bahwa kata Wahabi dapat bersifat umum.

Hal pertama yang disinggungnya adalah ternyata kata Wahab sendiri adalah salah satu nama dan sifat Allah SWT.

BACA JUGA:Inilah, 6 Amalan Paling Dianjurkan Saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

"Kata Wahabi bisa umum loh, satu sifat Allah. Allah Al-Wahab, Innaka antalwahhaab (membacakan potongan ayat Al-Quran). Ya Allah, Engkau Al-Wahab. Al-Wahab itu artinya pemberi sesuatu," kata Ustaz Adi Hidayat, dilansir Disway.id, 30 Oktober 2022.

Lalu Ustaz asal Bekasi itu menjelaskan bahwa Wahabi adalah karakter seseorang yang memang benar-benar memahami nama dan sifat Allah SWT tersebut dan lalu mengamalkannya.

"Jika misalnya Anda menyebutkan wahab, Anda ingin ikuti sifaf-sifat di dalamnya, maka muncul kalimat ditambah nishbah 'I', maka Anda katakan Wahabi," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi memperjelas bahwa orang yang disebut Wahabi maka perlu dipastikan apakah sosok dan karakternya benar-benar seorang yang murah hati, selalu memberi sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id