Industri Apa Saja yang Perlu Menggunakan Sistem ERP?

Industri Apa Saja yang Perlu Menggunakan Sistem ERP?

Sistem ERP dari Mekari--

 

Mekari adalah Perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) terdepan yang menyediakan solusi automasi bisnis berbasis cloud untuk mendukung perkembangan beragam bisnis di Indonesia, dari kecil sampai besar, melalui penggunaan teknologi.

 

Mekari hadir sebagai solusi otomasi berbasis cloud yang terlengkap dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai operasional bisnis, seperti pengelolaan HR, akuntansi, perpajakan, benefits, komunikasi, dan customer relations.

 

Mekari menghadirkan 4 software yaitu Sleekr, Talenta, Jurnal dan Klikpajak. Sleekr adalah sebuah platform yang melakukan simplifikasi pada sistem HR, yang mudah diakses oleh setiap perusahaan, karena dapat diakses melalui mobile phone.

 

Talenta, serupa dengan Sleekr, namun lebih kompleks dan advanced, karena platform ini hadir dikhususkan untuk perusahaan yang lebih besar dengan payroll yang lebih sulit.

 

Jurnal, khusus hanya untuk menangani bidang akuntansi, pembayaran, pembuatan laporan serta memudahkan perusahaan untuk berintegrasi dengan bank.

 

Terakhir adalah Klikpajak, platform yang baru saja dirilis yang sudah dilisensi secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sehingga aman digunakan oleh berbagai jenis perusahaan.

 

Hadirnya Klikpajak memudahkan perusahaan dalam melaporkan dan mempersiapkan pajak hingga membayarnya yang bisa dilakukan secara online tanpa perlu repot untuk ke kantor pajak.

2. SAP

 

Sistem informasi SAP sangat cocok untuk perusahaan manufaktur dan jasa untuk mengintegrasikan proses bisnis.

 

Terdapat tiga modul dalam sistem ERP SAP yaitu Financial and Controlling (FI-CO), Material Management (MM), dan Sales and Distribution (SD).

 

Sebelum menggunakan sistem ini, pertimbangkan terlebih dahulu karena biaya yang dibutuhkan untuk investasi SAP terbilang cukup besar.

 

Supaya tidak mengalami kerugian yang cukup besar, pemilik harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan orang yang tepat. Hal yang sama juga untuk melakukan update sistem.

3. Odoo

 

Odoo adalah sistem ERP yang bersifat open source yang bisa digunakan untuk mengelola proses bisnis secara keseluruhan.

 

Sistem ini juga dilengkapi dengan berbagai modul yaitu penjualan, POS, fitur manajemen proyek, akuntansi, dan inventaris.

 

Tidak hanya modulnya yang lengkap, Odoo ERP juga memberikan penawaran mengenai perangkat MPR terpadu untuk PLM dan proses pemeliharaan secara berkala. Di dalamnya juga kaya akan fitur seperti pemasaran email dan helpdesk.

 

Tapi kekurangan dari sistem EPR ini yaitu tidak memiliki search engine di dalam sistemnya. Sehingga kita tidak bisa menemukan sesuatu secara langsung. Selain itu, pengopreasian untuk sistem ERP Odoo ini juga terbilang cukup sulit, sehingga cukup memakan banyak waktu untuk menguasainya.

4. Kurporate

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: