Sauber Resmi Berubah Jadi Audi

Sauber Resmi Berubah Jadi Audi

Tim Sauber yang kini masih bernama Alfa Romeo Racing, resmi akan berubah menjadi tim Audi di Formula 1 2026.-foto : twitter formula 1-

LINGGAUPOS.CO.ID - Jelang gelaran Grand Prix Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, 28-31 Oktober 2022, Tim Sauber yang kini masih bernama Alfa Romeo Racing, resmi akan berubah menjadi tim Audi di Formula 1 2026. Hal ini diumumkan lewat situs resmi kejuaraan pada Rabu 26 Oktober 2022.

Saat ini, Sauber masih memakai power unit yang disuplai oleh Ferrari. Kontrak kerja sama Sauber dan Alfa Romeo pun akan habis pada akhir 2023. Namun, Sauber akan tetap memakai power unit Ferrari sampai akhir 2025, sebelum diambil alih oleh Audi.

BACA JUGA:Hasil Drawing Piala Asia AFC U20 2023: Timnas Indonesia Grup A!

Pada akhir Agustus, Audi yang merupakan pabrikan mobil raksasa asal Jerman, resmi mengumumkan partisipasi di F1 mulai 2026. Kala itu, mereka dikabarkan akan sekadar jadi penyuplai power unit bagi Sauber. Namun, kini mereka justru memastikan Sauber akan jadi tim mereka sendiri.

Rumor soal kedatangan Audi memang sudah santer diperbincangkan di paddock F1 selama berbulan-bulan. Namun, pengumuman resmi baru dirilis pada 26 Agustus 2022 karena Audi sengaja menunggu kejelasan regulasi teknis F1 terbaru yang akan mulai diberlakukan pada 2026.

BACA JUGA:Les Parisiens dan The Blues Lolos, Bianconeri ke UEL

Formula1.com menyatakan Sauber akan jadi mitra strategi Audi dalam program F1-nya, dan Audi berencana mengambil alih sebagian saham Sauber Group. Audi akan menciptakan power unit mereka di Neuburg, Jerman, sementara Sauber akan merakit mobil balap mereka di Hinwil, Swiss.

Volkswagen Group sudah lama ingin turun di F1 lewat Audi dan Porsche selaku anak-anak perusahaannya. Persetujuan soal regulasi power unit F1 2026 akhirnya memuluskan rencana mereka mewujudkan impian ini lewat Audi terlebih dahulu, mengingat Porsche dan Red Bull Racing gagal mencapai kata sepakat.

BACA JUGA:Ingat Hayden vs Rossi di MotoGP 2006 : Yamaha Pede Fabio Quartararo Masih Bisa Juara

Pada 2026 nanti, mesin-mesin hibrida generasi terbaru F1 akan mengandalkan tenaga listrik dan bakal menggunakan bahan bakar yang 100% berkelanjutan. Hal ini tentu selaras dengan visi dan misi VW dan Audi, yang belakangan makin fokus pada program ramah lingkungan.

Audi dan Sauber Semangat Jalin Kolaborasi

"Kami senang bisa mendapatkan mitra yang sangat berpengalaman dan kompeten untuk proyek ambisius kami di F1," ungkap anggota Dewan Audi AG yang bertanggung jawab untuk program F1, Oliver Hoffmann.

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo : Comeback ke Tim Utama Manchester United

"Kami mengenal Sauber Group beserta fasilitasnya yang bernilai seni dan timnya yang berpengalaman dari kolaborasi-kolaborasi sebelumnya. Kami yakin, bersama-sama kami bisa membentuk tim yang kuat," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: