Ini 5 Bahan Minuman Herbal yang Bisa Anda Buat di Rumah

Ini 5 Bahan Minuman Herbal yang Bisa Anda Buat di Rumah

Minum Jahe Bisa Bantu Turunkan Kolestrol-jcomp-Freepik--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Kolesterol adalah lemak seperti lilin yang diproduksi oleh hati. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk memproduksi sel-sel sehat dan sejumlah hormon. Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan.

Memiliki kolesterol tinggi dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang parah dan bahkan fatal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman yang terbuat dari lima bahan simpel yang dapat Anda temukan di rumah ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol.

BACA JUGA:Kasus Penganiayaan Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Dilaporkan ke Polisi

Jika tidak segera diobati, maka zat lemak yang disebut kolesterol, dapat menumpuk di pembuluh darah Anda.

Hal ini kemudian dapat menyebabkan penyumbatan dan akhirnya serangan jantung atau stroke. Salah satu faktor utama penyebab kolesterol tinggi adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak.

Namun, itu juga dapat dikaitkan dengan tidak cukup berolahraga, minum alkohol, merokok, dan gen keluarga.

Meskipun ada obat untuk membantu menurunkan kolesterol, perubahan gaya hidup biasanya dianjurkan.

BACA JUGA:Serem, Mahasiswa Disiksa dan Ditelanjangi Saat Ikuti Diksar UKMK UIN Raden Fatah Palembang

Dan satu penelitian menunjukkan bahwa membuat minuman tertentu di rumah juga bisa membantu.

Makalah yang diterbitkan dalam Jurnal Gizi Nasional Indonesia pada tahun 2020 ini merekomendasikan pencampuran bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel untuk hasil terbaik.

"Obat herbal penurun kolesterol berbahan alami dipercaya mampu menggantikan obat modern meski belum terbukti secara ilmiah," tulis penelitian itu, dikutip dari laman Daily Express.

"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji persepsi pelanggan dan pengaruh minuman herbal campuran terhadap profil lipid konsumen dengan hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi)"

BACA JUGA:Nasdem Resmi Usung Anies Baswedan Capres 2024

Sebagai bagian dari penelitian, 55 orang mengonsumsi "setidaknya" satu sendok minuman campuran selama enam bulan.

Baik catatan kesehatan mereka dan kuesioner yang diisi oleh para peserta kemudian dianalisis.

"Persepsi konsumen terhadap aspek kesehatan menunjukkan bahwa 83,7 persen subjek mengalami penurunan kolesterol setelah mengkonsumsi minuman herbal campuran. Persepsi emosional konsumen menunjukkan bahwa 90,9 persen subjek merasa lebih sehat dan bugar setelah mengkonsumsi minuman herbal campuran.

"Hasil rekam medis subjek profil lipid menunjukkan penurunan kolesterol total, low-density lipoprotein, dan trigliserida. Berdasarkan persepsi dan rekam medis, diketahui bahwa minuman herbal campuran dapat digunakan sebagai alternatif obat penurun kolesterol tradisional."

BACA JUGA:BSU Tahap 4 Cair Hari Ini, Cek Data Penerima di Link Resmi Ini

Low-density lipoprotein - juga dikenal sebagai kolesterol "jahat" adalah apa yang dapat menumpuk di dinding pembuluh darah Anda dan seiring waktu hal ini menyebabkan bagian dalam pembuluh menyempit.

Sebaliknya, high-density lipoprotein bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dengan menyerapnya dan membawanya kembali ke hati. Hati kemudian mengeluarkannya dari tubuh.

Umumnya tingkat kolesterol total yang sehat dalam darah dianggap lima atau kurang milimol per liter.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Ini 5 Bahan Minuman Herbal yang Bisa Anda Buat di Rumah, Bantu Turunkan Kolestrol Dalam Sekejap?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: