Gas Air Mata Terbuat dari Apa dan Komposisinya?

Gas Air Mata Terbuat dari Apa dan Komposisinya?

Gas air mata sering digunakan oleh polisi dalam memukul mundur atau membubarkan massa.-foto : twitter KIGEZI HOMEBOYZ FC-

MALANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Gas air mata sering digunakan oleh polisi dalam memukul mundur atau membubarkan massa. Gas ini terbuat dari senyawa kimia dengan komposisi tertentu yang dapat menimbulkan berbagai gejala iritasi hingga sesak napas. 

Baru-baru ini gas air mata digunakan dalam kerusuhan suporter di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Akibatnya, banyak suporter yang pergi keluar ke satu titik pintu keluar dan terjadi penumpukan.

BACA JUGA:Aturan FIFA Tentang Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

"Karena gas air mata itu, mereka pergi keluar ke satu titik, di pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan dan dalam proses penumpukan itu terjadi sesak nafas, kekurangan oksigen," katanya dalam jumpa pers di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu 2 Oktober 2022. 

Menurut Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta gas air mata dilepaskan oleh petugas karena adanya tindakan anarkis dari suporter yang membahayakan keselamatan para pemain dan ofisial.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan : 174 Orang Meningal, Klub Liga Inggris Sampaikan Duka Cita

Per pukul 15.00 WIB, Korban jiwa dalam peristiwa tragedi Kanjuruhan terus bertambah. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, mengungkap kini sudah ada 174 orang meninggal.

"Data BPPD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jatim pada jam 09.30 tadi masih 158, tapi pas jam 10.30 tadi jadi 174," kata Emil, Minggu 2 Oktober 2022.

Menurut Emil, total ada 11 orang luka berat. Sementara sudah ada 298 orang lainnya luka ringan.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan Menjadi Peristiwa Sepak Bola No.2 Paling Banyak Menyebabkan Korban Jiwa

Gas Air Mata Terbuat dari Apa? 

Gas air mata dikenal pertama kali dalam perang kimia yang terjadi selama masa Perang Dunia I. Gas ini digunakan sebagai senjata untuk melumpuhkan musuh tanpa menggunakan kekuatan yang mematikan.

Melansir Britannica, bahan utama yang digunakan untuk membuat gas air mata adalah senyawa halogen organik sintetis. Senyawa ini bukan gas sejati, melainkan berupa cairan atau padatan yang bisa menjadi gas saat terkena udara ketika disemprot atau diledakkan dengan granat. 

Berikut beberapa jenis bahan yang digunakan dalam gas air mata : 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: