5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Absen Serta Rekomendasinya

5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Absen Serta Rekomendasinya

Aplikasi absensi--

LINGGAUPOS.CO.ID - Di era digital seperti sekarang ini, penggunaan aplikasi absen online di perusahaan semakin meningkat karena dinilai memiliki sejumlah manfaat dan kemudahan untuk penggunanya.

Aplikasi absen daring ini berhasil menggeser absensi manual dan mesin fingerprint yang sebelumnya marak digunakan. Absensi sangat penting untuk diperhitungkan karena bisa berpengaruh pada gaji karyawan.

Absensi ternyata tidak hanya digunakan di sekolah saja, tetapi perusahaan atau instansi tertentu pun memerlukannya. Apalagi jika karyawan dalam sebuah perusahaan tersebut lebih banyak menghabiskan waktu diluar atau sering berpindah-pindah lokasi, maka manfaat absensi online akan sangat membantu.

Jika dibandingkan dengan absensi manual atau fingerprint, absensi berbasis elektronik ini memiliki keunggulan yang lebih baik dan bisa membantu karyawan setiap harinya. Nah untuk mengetahui apa saja keunggulan dan manfaat dari penggunaan aplikasi absen online, yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Absen Online untuk Karyawan

Tahukah Anda bahwa aplikasi absen online sangat berguna untuk para pekerja apalagi di masa pandemi yang mengharuskan karyawan untuk bekerja di rumah alias Work From Home seperti sekarang ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang apa saja manfaat e-absensi, berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Terhindar dari Kecurangan

Kelebihan pertama yang bisa Anda rasakan dari aplikasi e-absensi ini adalah minim kecurangan. Biasanya cara kerja absensi online ini menggunakan teknologi GPS atau Global Positioning System yang dipadukan dengan biometrik sehingga bisa memverifikasi kehadiran pekerja secara real-time. Nantinya aplikasi akan mengambil foto yang ditangkap oleh kamera handphone lalu dicocokan dengan data di sistem.

Anda pun akan lebih mudah mengetahui keberadaan karyawan karena informasi posisi pekerja akan terlacak oleh GPS. Hal inilah yang membuat karyawan tidak dengan mudah melakukan manipulasi data. Untuk masalah keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi tersebut sudah dienkripsi dan tersimpan dengan aman di database.

2. Membuat Karyawan Lebih Produktif

Karena penggunaan aplikasi absen online ini tidak bisa dimanipulasi, secara tidak langsung para pekerja akan lebih produktif dan aktif agar absensi bisa terpenuhi. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan untuk karyawan agar tidak bolak-balik ke kantor hanya untuk sekedar melakukan absensi. Apalagi jika Anda sedang melakukan dinas kerja di luar daerah, penggunaan e-absensi ini sangat berpengaruh.

3. Lebih Efektif

Jika dibandingkan dengan jenis absensi lainnya, aplikasi absen online lebih efisien dan murah. Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk membeli perangkat fisik dan pemasangannya seperti fingerprint. Perusahaan hanya membutuhkan dana untuk biaya instalasi dan maintenance-nya saja.

Selain dari segi biaya, cara membuat absensi online ini juga terbilang mudah dalam proses pengerjaannya.  Anda hanya perlu mendaftar, lalu mengunduh aplikasi, dan sudah bisa menggunakannya melalui Android atau iOS yang dimiliki. Nantinya pekerja akan melakukan absensi dengan swafoto dan akan otomatis terdaftar di sistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: