Ketahui 4 Manfaat Rutin Makan Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui 4 Manfaat Rutin Makan Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Jambu biji. Foto : Ricardo/JPNN.com--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Jambu biji merupakan salah satu sumber makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini rendah kalori, tinggi serat,kaya akan antioksidan, dan mengandung beberapa vitamin penting bagi kesehatan tubuh.

Buahnya berbentuk lonjong dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan.

Para ahli kesehatan selalu menyarankan agar kita rutin mengonsumsi berbagai buah untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Dodi Apresiasi Pelayanan Petugas BPJS SATU!

Ada berbagai buah yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari pisang, mangga, nanas, jambu biji, semangka, manggis, anggur, dan masih banyak lagi. Jambu biji merupakan buah yang terkenal akan kemampuannya dalam mengatasi penyakit demam berdarah.

Buah yang satu ini bisa Anda konsumsi dalam bentuk jus jambu biji. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Meredakan flu dan batuk

Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam jambu biji juga bagus untuk meredakan batuk dan flu.

BACA JUGA:Sumsel Masuk 10 Besar Peringkat Tindak Kejahatan, ini Kata Kapolda

Kandungan ini bersifat antioksidan dan antibakteri yang bisa membantu memecah lendir serta menghilangkan kuman yang bersarang pada tenggorokan dan sistem pernapasan.

2. Menurunkan kadar gula

Buah jambu biji, baik merah maupun putih, memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga buah ini baik untuk dikonsumsi penderita penyakit kronis diabetes.

Pasalnya, jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah serta tinggi serat, yang bisa membantu mencegah lonjakan gula darah.

BACA JUGA:ATR BPN Musi Rawas Peringati HUT UUPA ke-62

3. Mengobati demam berdarah

Manfaat jambu biji untuk DBD (demam berdarah) tentu sudah sering kamu dengar. Penemuan dari beberapa penelitian, ekstrak daun jambu biji bisa menghambat pertumbuhan virus dengue, menghindari perdarahan pada penderita DBD, serta meningkatkan trombosit.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam jambu biji juga bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. Satu buah jambu biji bisa mengandung 12 persen serat dari rekomendasi harian Anda. Dengan demikian, mengonsumsi buah jambu biji bisa membantu mencegah sembelit, mengurangi durasi diare, dan untuk menjaga kesehatan usus kamu secara keseluruhan.(genpi/jpnn)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: