Fakta Unik Baju Balap MotoGP, Para Rider Wajib Punya 13 Buah per Musim!

Fakta Unik Baju Balap MotoGP, Para Rider Wajib Punya 13 Buah per Musim!

Baju balap sangat krusial bagi keselamatan pembalap. Tak hanya menghindarkan mereka dari cedera, melainkan juga menyelamatkan nyawa.-foto : twitter motogp-

LINGGAUPOS.CO.ID - MotoGP sebagai kejuaraan terakbar, tentu memiliki standar tingkat keselamatan yang sangat tinggi. Dan tak pelak lagi salah satu olahraga paling berbahaya di dunia.

Bahkan, ajang ini jadi 'laboratorium' untuk mengembangkan perlengkapan pengendara motor di jalanan umum.

BACA JUGA:Prediksi Serbia vs Swedia : Jaga Asa Promosi

Baju balap sangat krusial bagi keselamatan pembalap. Tak hanya menghindarkan mereka dari cedera, melainkan juga menyelamatkan nyawa. Alhasil, desain Baju balap pun tak main-main.

Riset dilakukan selama bertahun-tahun dan akan selalu mengalami perkembangan. Baju balap MotoGP sendiri sudah mulai digunakan pada era 1950an, dan standarnya terus berkembang semakin baik dan aman.

BACA JUGA:Prediksi Siprus vs Yunani : Pertahankan Rekor Menang 100 %

Pada 2022, tercatat ada empat pabrikan baju balap yang berpartisipasi di kelas para raja, yakni Alpinestars, Dainese, Ixon, dan Furygan.

Ada beberapa fakta unik di balik baju balap yang dikenakan para rider MotoGP. Dari cara pembuatannya, bahan yang dipakai, sampai kelengkapan apa yang harus dipenuhi sebuah pabrikan. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya. Simak yuk..!

BACA JUGA:Timnas Indonesia vs Curacao : Menanti Lagi Tuah Shin Tae-yong

Handmade, 13 baju balap per musim

Menurut Box Repsol, baju balap para rider MotoGP dibuat secara handmade sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Kain dan perangkat pelindung harus benar-benar pas dengan tubuh pembalap, tak boleh terlalu longgar dan tak boleh terlalu ketat.

Semua pembalap yang dinaungi Alpinestars total memiliki 13 baju pembalap per musim. Meski begitu, biasanya para rider hanya membawa empat baju balap di tiap pekan balap. Setiap baju balap butuh lebih dari tujuh jam untuk dijahit.

BACA JUGA:Prediksi Republik Ceko vs Portugal : Duel Tim yang Sama-sama Terluka

Bahan dan ketebalan baju balap MotoGP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: