Perlengkapan Tim Datang Terlambat, MotoGP Rombak Jadwal Seri Jepang di Motegi

Perlengkapan Tim Datang Terlambat, MotoGP Rombak Jadwal Seri Jepang di Motegi

Takaaki Nakagami, pembalap tuan rumah, Jepang.-foto : twitter motogp-

LINGGAUPOS.CO.ID - Memasuki seri ke-16, persaingan di papan atas klasemen MotoGP 2022 semakin ketat. Jarak poin antar-pembalap kian tipis. 

Posisi teratas klasemen MotoGP 2022 saat ini masih dihuni oleh Fabio Quartararo. Namun, rider tim pabrikan Yamaha tersebut terus dibayang-bayangi oleh para pesaingnya. 

BACA JUGA:Liga 2 Sriwijaya FC vs Persiraja Banda Aceh : Brace Habibi Yusuf Bawa SFC Raih Poin Penuh

Quartararo saat ini mengoleksi 211 poin, hanya unggul 10 angka dari Francesco Bagnaia (Ducati Team) yang menempati peringkat kedua klasemen MotoGP 2022 terbaru. Sementara itu, Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team) membuntuti di urutan 3 dengan menghimpun 194 angka. 

Oleh karena itu, balapan MotoGP Motegi 2022 akhir pekan ini ditengarai bakal berlangsung ketat. Quartararo, Bagnaia, Espargaro, dan para pembalap lain akan adu ngebut demi merebut podium pertama.

BACA JUGA:Jadwal MotoGP Jepang 2022 : Persaingan Gelar Juara Dunia Semakin Menarik

MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi pada 23-25 September 2022 dipastikan mengalami perombakan jadwal pekan balap. Pasalnya, kendala logistik lagi-lagi melanda Dorna Sports selaku promotor kejuaraan. Alhasil, sesi latihan bebas pada Jumat 23 September 2022 pagi terpaksa dihapuskan.

Akibat pandemi Covid-19, MotoGP baru bisa kembali berlaga di Jepang musim ini, setelah seri tersebut ditiadakan pada 2020 dan 2021. Uniknya, kali ini Seri Jepang digelar hanya sepekan usai Seri Aragon. Padahal, sebelum pandemi, Seri Jepang biasanya digelar sekitar 2-3 pekan setelah Seri Aragon.

BACA JUGA:Aleix Espargaro : Juara MotoGP, Asal Sikat 5 Race Tersisa

Selain jarak waktu yang sempit, perang antara Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung membuat rute penerbangan logistik MotoGP jadi terpengaruh. Alhasil, sesi latihan pada Jumat pagi untuk semua kelas Grand Prix harus dibatalkan karena perlengkapan tim MotoGP, Moto2, dan Moto3 datang terlambat.

Sesi Latihan MotoGP Diperpanjang

"Menyusul tantangan logistik yang dihadapi GP Jepang akibat digelar secara beruntun dengan GP Aragon, begitu pula potensi penundaan akibat konflik di Ukraina dan pengaruhnya pada penerbangan, telah diputuskan untuk tak menggelar sesi latihan kelas-kelas Grand Prix pada Jumat pagi," tulis Dorna Sports.

BACA JUGA:Fabio Quartararo : Tragis di Aragon, Yakin Bangkit di Sirkuit Suzuka

Sesi latihan pada Jumat siang pun diperkirakan tetap bisa digelar. Namun, kelas MotoGP mendapatkan hak istimewa, yakni sesi latihannya diperpanjang dari 45 menit menjadi 75 menit. Daftar kombinasi catatan waktu akan diambil berdasarkan hasil sesi latihan pada Jumat siang dan Sabtu (24/9/2022) pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: