Wakil Bupati Musi Rawas Buka Festival Lan Serasan Sekentenan

Wakil Bupati Musi Rawas Buka Festival Lan Serasan Sekentenan

PUKUL DOL - Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti bersama Ketua Pemangku Adat Kabupaten Musi Rawas H Ruseno didampingi Kepala Disbudpar Syamsul Joko Karyono memukul dol tanda dibukanya Festival Lan Serasan Sekentenan, Rabu 21 September 2022.--

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Wakil Bupati Musi Rawas (Mura) Hj Suwarti bersama Ketua Pemangku Adat Kabupaten Mura H Ruseno didampingi Kepala Disbudpar Kabupaten Mura Syamsul Joko Karyono memukul dol tanda dibukanya kegiatan Festival Lan Serasan Sekentenan yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Mura, Rabu 21 September 2022.

Kegiatan ini diadakan Disbudpar Kabupaten Mura dalam rangka Pekan Kebudayaan Daerah. Seluruh kegiatan terpusat di halaman Kantor Disbudpar Kabupaten Mura Kecamatan Muara Beliti.

Festival Lan Serasan Sekantenan bertemakan “Pelestarian Kebudayaan Daerah Musi Rawas (kearifan budaya lokal)”.

Pekan Kebudayaan Daerah itu dilaksanakan dua hari yakni 21-22 September 2022 yang diisi dengan berbagai kegiatan, seperti lomba teater, lagu daerah dan paduan suara.

BACA JUGA:Berita Trending Rabu 21 September 2022, Doa Mengalir Untuk Kesembuhan Wali Kota Lubuklinggau

Wakil Bupati  Mura, Hj Suwarti mengatakan,"Kami menyambut baik diadakan Festival Lan Serasan Sekentenan. Karena kegiatan ini merupakan salah satu alternatif untuk pelestarian kesenian dan kebudayaan daerah yang beranekaragam,"katanya.

"Oleh karena itu, kepada para peserta festival saya betul-betul harapkan kiranya  untuk memanfaatkan kesempatan menjalin persahabatan dan kebersamaan dengan tekad untuk memasyarakatkan pelestarian seni budaya daerah, sehingga masyarakat termotivasi untuk berperan aktif dalam berkreasi dan berinovasi di bidang seni budaya," pesan Hj Suwarti.

Hj Suwarti menambahkan kepada pihak panitia, sponsor, Tim Penilai/Dewan Juri dan semua pihak yang telah berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini.

"Saya ucapkan terima kasih dan diharapkan dengan pertunjukan seni budaya tradisional dan berbagai lomba-lomba yang diadakan dapat menjunjung tinggi pelestarian kesenian dan budaya daerah sehingga terciptanya rasa kagum, rasa peduli dan membudayakan kecintaan kita terhadap seni budaya daerah,"ungkapnya.

BACA JUGA:Siapa Membunuh Putri (20) - Jangan Mengadu Domba

Wabup mengajak masyarakat Kabupaten Mura melaksanakan pelestarian kesenian dan budaya daerah serta kehidupan dalam kebersamaan melalui kegiatan Festival Lan Serasan Sekentenan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2022.

 "Sehingga kita dapat mewujudkan kehidupan masyarakat sebagai sumber kekuatan untuk mewujudkan Musi Rawas MANTAB (Maju, Mandiri, Bermartabat)," ajaknya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kabupaten Mura, Syamsul Joko Karyono mengatakan tujuan diadakan Festival Lan Serasan Sekentenan diantaranya memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam berkreasi dan berinovasi dibidang seni budaya.

Kemudian untuk menggali, melestarikan, membina serta mengembangkan potensi seni budaya yang tersebar di 14 kecamatan dalam wilayah Kabupaten  Mura. Serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap nilai-nilai budaya dalam upaya peregenerasian seni budaya daerah yang berakar pada budaya bangsa. Juga untuk mengembangkan sikap kompetitif, kerjasama dan sportivitas masyarakat yang berwawasan global dan menjalin persahabatan dalam proses pelestarian Seni Budaya Indonesia.

BACA JUGA:Tokoh NU Lubuklinggau Ajak Ustadz Khalid Basalamah Dialog

"Sebanyak 66 peserta ikut Festival Lan Serasan Sekentenan Kabupaten Mura  Tahun 2022. Dari total peserta tersebut yang ikut Lomba Paduan Suara 10 group,  Lomba Teater 14 group, dan 42 peserta mengikuti Lomba Nyanyi Lagu Daerah,"jelasnya.

Kegiatan Festival Lan Serasan Sekentenan berlangsung  21-22 September 2022. Pemenang lomba  untuk juara 1,2 dan, 3 mendapatkan uang pembinaan, trophy, dan piagam. Sedangkan juara harapan 1, 2, dan 3 mendapatkan tropy dan piagam.

"Festival Lan Serasan Sekentenan ini merupakan agenda rutin yang sudah tercatat di Kementerian Pariwisata,"tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: