Selain Mudah Pantau Stok, Ini Manfaat Lain dari Aplikasi Gudang

Selain Mudah Pantau Stok, Ini Manfaat Lain dari Aplikasi Gudang

Lebih mudah menggunakan aplikasi gudang--

LINGGAUPOS.CO.ID - Aplikasi gudang adalah perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam mendukung operasi sehari-hari di dalam gudang, seperti mencatat jumlah barang yang keluar masuk gudang, menyimpan data mengenai tanggal kadaluarsa dan nomor seri, serta pencatatan mutasi antar gudang dan stok di gudang.

Dengan aplikasi ini, pekerjaan di gudang menjadi lebih efisien dan mudah, risiko kesalahan pencatatan jumlah barang lebih sedikit, meminimalkan biaya tenaga kerja, serta meningkatkan layanan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kapan harus memesan ulang barang, dan berapa banyak yang harus dipesan ulang atau diproduksi. Berikut ini beberapa manfaat dan informasi mengenai aplikasi gudang yang mungkin perlu Anda ketahui. 

Manfaat Aplikasi Gudang

1. Mudah Memantau Persediaan Melalui Aplikasi Gudang

Manfaat yang paling banyak dicari oleh pebisnis retail dan grosir dari aplikasi gudang berbasis web adalah kemudahan memantau persediaan. Hal ini terjadi berkat teknologi barcode yang berfungsi memberikan kode unik pada setiap barang di gudang. Dengan bantuan barcode, Anda bisa mengetahui berapa jumlah barang yang terdapat dalam 1 paket barang, lengkap dengan kapan tanggal kadaluarsanya. Informasi semacam ini bisa Anda dapatkan dengan cara mengarahkan barcode scanner ke kode yang terdapat pada barang.

Cara ini akan menghemat waktu Anda di saat Anda melakukan stock opname. Pebisnis yang memiliki gudang dengan ribuan barang di dalamnya atau mereka yang memiliki banyak gudang di beberapa tempat akan sangat terbantu dengan Sistem Pembelian, karena dapat dengan mudah membantu merencanakan pembelian barang, automasi purchase order, manajemen vendor. Anda juga dapat menggunakan software stok gudang untuk memudahkan pengelolaan inventory Anda.

Proses yang cepat selesai, hemat waktu, dan sudah pasti akurat memantau ketersediaan stok, Anda pun bisa meminimalisir terjadinya kerugian pada bisnis Anda.

2. Low Stock Notification

Tak ada yang lebih membantu pebisnis retail selain informasi yang tersaji setiap saat. Adanya low stock notification memungkinkan Anda untuk segera melakukan restock barang sebelum kehabisan stok. Fitur dari aplikasi restock ini memungkinkan Anda untuk terus menjual barang yang sedang banyak pelanggan Anda cari. Namun pada saat jumlah permintaan berkurang, Anda bisa menyesuaikan replenishment stock Anda untuk menghindari over purchasing.

3. Laporan Jadi Lebih Akurat dengan Aplikasi gudang

Keakuratan data adalah hal yang penting bagi para pebisnis retail dan grosir. Berapa jumlah barang yang terjual hari ini, barang mana saja yang sedang laku keras, sampai data pelanggan adalah informasi-informasi yang para pebisnis butuhkan untuk bisa mengembangkan bisnisnya. Salah satu cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengelolaan inventory barang adalah dengan menggunakan software stok barang.

Berbekal data-data tersebut, pemilik usaha bisa menentukan barang mana saja yang harus dipercepat restock-nya. Atau sebaliknya, barang mana yang harus di diskon untuk meningkatkan angka penjualan. Data-data seperti ini bisa Anda dapatkan dengan adanya laporan yang akurat dan sistem akuntansi yang terintegrasi. Sayangnya, sulit sekali mendapatkan data seperti ini jika sampai sekarang Anda masih mengelola inventaris gudang Anda secara manual. Oleh karena itu, optimalkan tingkat persediaan, pantau proses stock transfer, estimasi kebutuhan inventaris, dan efektifkan pengelolaan stok di setiap lokasi dengan Inventory Management System atau aplikasi gudang terbaik pilihan Anda.

4. Menghemat Waktu

Jika Anda punya banyak gudang di berbagai lokasi, belum lagi masing-masing gudang menyimpan ribuan item di dalamnya, sudah bisa dibayangkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menjalankan stock opname. Tanpa bantuan program stok barang sudah pasti akan sangat makan waktu. Tak hanya itu saja, stock opname manual rentan dengan human error. Mencatat secara manual ribuan item yang ada di gudang adalah proses yang melelahkan dan menjemukan. Saat inilah biasanya staf Anda melakukan kesalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: