Yuk Makan Buah Kiwi, Ini Loh Segudang Manfaatnya

Yuk Makan Buah Kiwi, Ini Loh Segudang Manfaatnya

Sederet Manfaat Buah Kiwi Bagi Manusia -Skica911 -Pixabay--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Kiwi adalah buah yang sulit tumbuh dan tersedia sepanjang tahun di supermarket. Mereka ditanam di California dari November hingga Mei dan di Selandia Baru dari Juni hingga Oktober.

Kiwi menawarkan berbagai macam nutrisi seperti serat, vitamin C, folat, tembaga, kalium, antioksidan, vitamin E, dan vitamin K.

Buah kiwi tidak sering dianggap sebagai makanan yang luar biasa, tetapi pada kenyataannya, ini adalah buah yang penuh dengan vitamin dan mineral penting.

Selain itu buah kiwi juga dapat memiliki efek yang sangat positif bagi kesehatan manusia.

BACA JUGA:Airlangga dan Ahmad Dhani Sambangi Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

Buah berkulit coklat ini memiliki rasa yang manis dan sedikit tajam dengan daging hijau di bagian dalam yang memberikan rasa unik dan semangat tropis.

Kulit dan biji buah kiwi dapat dimakan, meskipun banyak orang memilih untuk mengupasnya karena teksturnya yang tidak jelas.

Buah ini juga hadir dalam 50 varietas berbeda dengan daging mulai dari emas seperti puding hingga merah muda cerah, masing-masing dengan profil rasa dan penggunaan yang bervariasi.

Dilansir dari laman healthifyme, berikut 3 manfaatbuah kiwi bagi kesehatan manusia.

BACA JUGA:Wali Kota Lubuklinggau Sakit Batu Empedu, Berikut Pencegahan dan Pengobatannya

1. Buah Kiwi Mencegah Pembekuan Darah

Kiwi ditemukan untuk mencegah pembekuan darah dan mengatur tekanan darah dengan mengurangi jumlah lemak dalam darah. Ditemukan bahwa ini terjadi tanpa mempengaruhi kadar kolesterol darah secara negatif.

Aspirin biasanya merupakan obat yang direkomendasikan untuk mencegah mereka dari kejadian kardiovaskular. Namun, Aspirin dapat menyebabkan peradangan dan bisul di saluran GI.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 2 hingga 3 buah kiwi sehari dapat menggantikan aspirin setiap hari untuk membantu mengencerkan darah dan meningkatkan kesehatan jantung selama periode waktu tertentu.

BACA JUGA:Mohon Doanya, Agar Wali Kota Lubuklinggau Lekas Sembuh

2. Buah Kiwi Dapat Membantu Asma

Asma bisa melemahkan. Mengi dan sesak napas adalah beberapa gejala paling umum yang berkaitan dengan kondisi ini.

Kehadiran vitamin C dan antioksidan dalam jumlah tinggi dalam kiwi dapat membantu mengendalikan gejala asma.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa fungsi paru-paru meningkat pada mereka yang mengonsumsi kiwi secara teratur.

BACA JUGA:Promo Hari Tani Nasional, Beli 1 Menu di Allbaik Chicken Gratis Minyak Goreng

3. Buah Kiwi Dapat Bantu Menurunkan Berat Badan

Kiwi adalah salah satu buah terbaik untuk dimakan jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Mereka memiliki kandungan air yang tinggi, rendah kalori, dan memiliki jumlah serat yang baik. Ini membuatnya sempurna untuk camilan atau sebagai bagian dari smoothie sarapan.

Tingginya jumlah vitamin C dalam kiwi adalah kunci penurunan berat badan. Vitamin C membantu mengontrol tekanan darah, mengatur kadar kolesterol, mendukung kesehatan usus, dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Hastag Copot Kapolda Sumsel Trending di Twitter, ini Kata Kabid Humas

Ini juga memainkan peran penting dalam metabolisme lemak. Ini semua adalah faktor penting ketika memulai perjalanan penurunan berat badan.

Kiwi memiliki GI rendah, artinya gula yang terkandung dalam buah dikeluarkan lebih lambat. Karena itu, kiwi juga dapat membantu mengatur kadar gula darah, mengurangi lonjakan gula darah yang tidak merata.

Makanan tinggi serat makanan meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang dan mendukung saluran pencernaan.

Kiwi mengandung serat tidak larut dan serat larut. Serat tidak larut (terkandung dalam biji) menyediakan curah dan mendorong pergerakan tinja melalui sistem pencernaan.

BACA JUGA:Kasus Perampokan di Jalinsum Musi Rawas, Polisi Selidiki Keterlibatan Orang Dalam

Serat larut adalah zat seperti gel yang menjebak asam empedu dan juga mengurangi kadar kolesterol darah. Kedua jenis serat ini membantu kesehatan sistem pencernaan dan mencegah makan berlebihan saat diet.

Kiwi mengandung actinidin, antioksidan yang memecah protein dalam tubuh. Antioksidan ini adalah sekutu yang hebat saat berdiet karena dapat membantu sistem pencernaan yang lamban. Ini membantu mencerna protein dan dapat membantu mereka yang menderita sindrom iritasi usus besar.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Ini Sederet Manfaat Konsumsi Buah Kiwi, Salah Satunya Bagus Buat Cegah Asma?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: