Effendi Simbolon Meminta Maaf: Ini Adalah Pertanggungjawaban Saya

Effendi Simbolon Meminta Maaf: Ini Adalah Pertanggungjawaban Saya

Anggota komisi 1 DPR RI dari fraksi PDIP Effendi Simbolon meminta maaf kepada TNI--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Anggota komisi 1 DPR RI dari fraksi PDIP Effendi Simbolon meminta maaf terkait pernyataan yang menghina seluruh jajaran TNI seperti Gerombolan “Melebihi Ormas”. 

Seperti diketahui, pernyataan itu membuat para anggota TNI marah dan meminta Effendi Simbolon meminta maaf kepada semua Perwira TNI dan Prajurit TNI. 

Effendi Simbolon pun langsung meminta maaf atas ucapan ‘TNI seperti gerombolan’ dan menyampaikan langsung kepada Panglima TNI karena mengatakan bahwa ‘ini adalah pertanggungjawaban saya’.

“Dalam rapat tersebut saya ingin bertanya pada kepala staf angkatan darat pak Dudung Abdulrahman, dan dalam kesempatan tersebut saya ingin menyakan tentang disharmoni yang terjadi di tubuh TNI,” kata Effendi.

BACA JUGA:Effendi Simbolon Sebut TNI Seperti Gerombolan, Aliansi Pemuda Lubuklinggau Protes

“Namun saat itu Kasad tidak hadir dan akan lebih elok kalau dalam kesempatan itu mereka berdua hadir. Saya menyadari kemudian sebagian dari TNI menjadi tidak nyaman, tersinggung atau tersakiti kata-kata dari saya soal gerombolan atau ormas,” tambahnya.

“Namun sejatinya, sejujurnya tidak pernah menstigmakan TNI itu sebuah gerombolan, tapi jika tidak ada kepatuhan, tidak ada keharmonian dan seterusnya seperti gerombolan seperti ormas,” lanjut Effendi.

“Dari lubuk hati yang paling dalam saya meminta maaf terhadap pernyataan saya yang menyinggung dan membuat tidak nyaman anggota TNI mulai dari Tamtama, Bintara, Perwira bahkan sampai sesepuh yang tidak nyaman dengan pernyataan saya,” kata Effendi di kompleks parlemen, Senayan Jakarta Rabu 14 September 2022.

Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto yang mendampingi Effendi mengatakan permohonan maaf hari ini menambahkan bahwa temannya itu tidak memiliki niat buruk saat mengatakan hal itu. 

BACA JUGA:Simak, 5 Fakta Pesawat Latih TNI AL Jatuh di Selat Madura, Ini Penyebab dan Kondisi Pilotnya

“Effendi tidak ada niat yang tidak baik,” ujar Utut. “Saya memastikan Effendi tidak punya niat tidak baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, Kolonel Arh Hamim Tohari, M.A. memberikan pernyataan resmi atas pernyataan dari Politisi Efendi Simbolon dalam rapat pembahasan anggaran antara Komisi I DPR bersama Kementerian Pertahanan dan TNI pada 5 September 2022 yang lalu

Menurut Kolonel Hamim, menyikapi respon prajurit TNI, Purnawirawan dan masyarakat sipil melalui media sosial terhadap pernyataan Politisi tersebut adalah peristiwa ini menjadi pembelajaran bagi kita semua.

“Saat ini setiap orang bisa menyampaikan dan mengakses informasi melalui media sosial secara langsung dan cepat, sehingga banyak hal yang terekspose di media sosial, kemudian langsung dilihat dan direspon oleh orang lain,” ujar Kolonel Hamim dalam keterangan resminya, Rabu 14 September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id