Anak Soimah, Santri Gontor yang Tewas Diautopsi, ini Hasilnya

Anak Soimah, Santri Gontor yang Tewas Diautopsi, ini Hasilnya

Proses ekshumasi atau pembongkaran makam korban AM putra Soimah di TPU Sei Selayur Kalidoni Palembang. -Foto:edho/sumeks.co-

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID – Makam anak sulung Rusdi dan Siti Soimah, AM (17) yang menjadi korban pembunuhan di Pondok Pesantren Gontor, Kamis 8 September 2022 diautopsi atau ekshumasi (penggalian makam untuk mengambil mayat yang sudah dikubur).

Autopsi atau ekshumasi ini dilakukan tim Kedokteran Forensik Mabes Polri dan RS Bhayangkara M Hasan Palembang bersama tim Penyidik Subdit IV Renakta Polda Jatim dan Polres Ponorogo

Makam AM dibongkar, setelah penyidik mendapatkan izin dari Rusdi dan Siti Soimah, Rabu 7 September 2022.

Mereka memberikan izin, setelah bertemu dengan penyidik Polda Jatim dan Polres Ponorogo yang dipimpin Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Hendra Eko Triyulianto di kantor pengacara Titis Rachmawati di Jl Kapten A Rivai, Palembang.

BACA JUGA:Polisi Kantongi Identitas Terduga Pelaku Pembunuhan Santri Gontor Asal Palembang

Pembongkaran malam  yang berada di TPU Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang, dihadir tua korban, keluarga dan tim kuasa hukum. 

Sekitar pukul 09.30 WIB, tim Kedokteran Forensik RS Bhayangkara M Hasan Palembang yang terdiri dari AKBP dr Mansuri SpF dan dr Indra Sakti Nasution. Tampak hadir pula Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol dr Syamsul Bari. 

Titis Rachmawati SH MH CLA mengatakan harapan dari autopsi ini tim penyidik dapat menemukan fakta kasus kematian AM. 

"Harapan keluarga agar polisi bisa menemukan fakta terkait kematian AM," ujar Titis. 

BACA JUGA:Autopsi Santri Gontor dari Palembang yang Tewas Dilaksanakan Kamis 8 September 2022

Soimah sendiri tidak tampak hadir di TPU Sei Selayur hanya diwakili oleh suaminya Rusdi. 

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Nikholas Bagas Yudhi Kurnia SIK MH MSi mengatakan, proses ekshumasi sudah berlangsung sejak pagi. 

"Sifatnya (ekshumasi) ini tertutup, yang ada di dalam tim penyidik dan tim Forensik termasuk orang tua korban," kata AKP Nikholas kepada awak media, di TPU Sei Selayur Kaidoni Palembang. 

Nikholas menegaskan proses ekshumasi yang dilakukan secara menyeluruh terhadap jenazah AM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co