5 Cara Ampuh Atasi Insomnia, Yuk Dicoba Agar Tidur Berkualitas

5 Cara Ampuh Atasi Insomnia, Yuk Dicoba Agar Tidur Berkualitas

Cara mengatasi insomnia--Pixabay--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Terjaga penuh dan sulit untuk tidur pada malam hari akan sangat mengganggu. Apalagi, jika keesokan harinya ada jadwal rutinitas begitu padat.

Kondisi ini sering disebut dengan insomnia atau sulit tidur. Gangguan tidur seperti insomnia bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, umumnya gangguan ini ditimbulkan oleh rasa depresi berkepanjangan. 

Insomnia juga bisa dipengaruhi akibat terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan sebagainya.

Zat kafein yang terkandung dalam minuman tersebut akan meningkatkan konsentrasi serta membuat tubuh tetap terjaga.

BACA JUGA:Pengakuan Oknum Bhayangkari yang Digrebek di Hotel Bersama PIL

Efeknya pada malam hari tubuh akan sulit beristirahat, sehingga kualitas tidur pun menjadi kurang baik.

Insomnia merupakan salah satu masalah yang biasa terjadi kepada setiap orang.

Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur. Gangguan ini bisa berdampak pada aktivitas penderita keesokan harinya.

Pada umumnya, orang membutuhkan 8 jam tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

BACA JUGA:Cody Gakpo, Di-Ghosting dan Di-PHP Manchester United

Insomnia ditandai dengan sulit tidur atau tidur yang tidak nyenyak.

Keluhan tersebut dapat memicu gejala lain, seperti lelah dan mengantuk di siang hari, serta sulit fokus dalam beraktivitas.

Sulit tidur dapat membuat penderita insomnia kurang konsentrasi sehingga berisiko mengalami kecelakaan bila sedang berkendara. 

Dilansir dari PMJ NEWS, berikut cara mengatasi insomnia tersebut:

BACA JUGA:Riezky Aprilia Sebut Salah Minum Obat, Syahrul Yasin Limpo Tak Terima

1.Yoga

Yoga dipercaya memiliki efek positif pada kualitas tidur. Olahraga ini sama dengan meditasi, di mana dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental.

Pilih gaya yang lebih berfokus pada meditasi bergerak, atau latihan pernapasan sebagai lawan dari gerakan fisik yang sulit. Gerakan lambat dan terkontrol memungkinkan Anda untuk tetap hadir dan fokus. Yin dan yoga restoratif adalah pilihan tepat.

2.Meditasi Kesadaran

BACA JUGA:Nantes vs PSG : Pertahankan Rekor Unbeaten di Kandang

Sambil duduk tenang, ambil napas secara perlahan dan lakukan berulang. Hal ini dapat mengamati kondisi fisik dan mental Anda yang sedang tidak stabil. Anda bisa melakukannya saat pagi atau sore hari.

Meditasi kesadaran memiliki banyak manfaat kesehatan yang sejalan dengan gaya hidup sehat, serta mendorong tidur lebih nyenyak. Kemudian bisa mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kekebalan.

3. Pijat

Peneliti di a Studi 2015 menemukan, terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia, bisa meningkatkan kualitas tidur dan disfungsi pada siang hari. Ini juga dapat mengurangi perasaan sakit, kecemasan, dan depresi.

BACA JUGA:Fiorentina vs Juventus : Jangan Tega, Vlahovic!

Meskipun pijat umumnya aman, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu, jika Anda memiliki masalah kesehatan khusus yang dapat menghambat manfaatnya.

4. Olahraga

Kemudian olahraga, yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal imi dapat meningkatkan mood Anda, memberi lebih banyak energi, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Peserta dalam a Studi 2015 berolahraga setidaknya 150 menit per minggu selama enam bulan. Selama waktu ini, para peneliti menemukan bahwa seseorang mengalami gejala insomnia yang jauh lebih sedikit.

BACA JUGA:Persis Solo vs PSIS Semarang : Derby Jawa Tengah Rawan Degradasi

Mereka juga menunjukkan gejala depresi dan kecemasan yang berkurang. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus melakukan olahraga ringan setidaknya selama 20 menit per hari.

5. Stop Overthinking

Salah satu penyebab orang sering begadang atau insomnia adalah kerap overthinking, yakni terlalu banyak hal-hal yang dipikirkan padahal itu belum tentu menjadi kenyataan.

Orang yang sering overthinking akan mengganggu ketenangan Anda, khususnya saat akan beristirahat. 

BACA JUGA:KPK Periksa 2 Saksi Kasus Korupsi Angkutan Batubara di Sumsel

Maka dari itu hilangkan dulu pemikiran dan prasangka-prasangkan negatif yang terlintas di pikiran.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: 5 Cara Ampuh Atasi Insomnia, Buruan Dicoba Yuk Agar Tidur Berkualitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: