Festival Makan Durian Sepuasnya di Lubuklinggau, Cek Lokasinya

Festival Makan Durian Sepuasnya di Lubuklinggau, Cek Lokasinya

Durian yang ditampilkan dalam Gebyar Pesirah Makan Duren Sepuasnya di Taman Olahraga Silampari (TOS) Lubuklinggau--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Yang mau makan durian sepuasnya, segera datangi Taman Olahraga Silampari (TOS) Lubuklinggau. Karena ada Festival Makan Durian Gratis sampai Minggu 28 Agustus 2022.

Kegiatan ini diberi nama Gebyar Pesirah Makan Duren Sepuasnya, yang dibuka Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Sabtu 27 Agustus 2022.

Wali Kota mengatakan festival ini pemanasanmenyongsong program Ayo Ngelong ke Lubuklinggau 2023.

"Saya berharap pada 2023 nanti, banyak agenda yang diadakan di Kota Lubuklinggau. Kepada para UMKM harus dapat mengelola produk durennya, agar lebih menarik serta meramaikan 2023 dengan berbagai kegiatan," imbuhnya.

BACA JUGA:Lubuklinggau Banjir Durian, Saatnya Membuat Tempoyak, Begini Caranya

Sementara itu,  Pimpinan Bank Sumsel Cabang Lubuklinggau,  Hidayat mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan untuk memulihkan perekonomian karena dampak Covid-19 sekakigus  membantu pelaku UMKM yang ada di Kota Lubuklinggau.

Sebanyak  20 UMK yang dibina langsung oleh Bank Sumsel Babel Lubuklinggau ikut dalam  acara ini. Kemudian ada juga lomba duren khas Lubuklinggau dengan harapan petani duren lebih semangat lagi meningkatkan kualitas hasil tanamannya sehingga bisa dikenal sampai ke luar daerah Lubuklinggau.

Kegiatan tersebut  sekaligus memperkenalkan transaksi non tunai (QRIS) dengan target  Kota Lubuklinggau dikenal sebagai kota digital.

Sedangkan ketua panitia, Noviandika menyampaikan gebyar pesirah makan duren sepuasnya dengan persiapan 1 minggu, yang disupport Bank Sumsel Babel dan Duren Abang Ais, UMKM yang ikut tidak dipungut biaya atau gratis.

BACA JUGA:Mau Durian Gratis di Lubuklinggau? Begini Caranya

Di sana ada TOS fashion week dengan pendaftaran gratis, transaksi non tunai scan QRIS, stand Abang Ais (distributor durian), stand UMKM lainnya dan live musik dilaksanakan sampai malam hari.

Sedangkan besoknya disi dengan lomba penampilan duren terbaik, senam massal, sekaligus penampilan final perlombaan dan pembagian hadiah kepada peserta.

Dihadiri juga Sekda Kota Lubuklinggau, H Imam Senen, sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkot Lubuklinggau dan tamu undangan lainnya.

Ayo ke Lubuklinggau, Sekarang Sedang Musim Durian

Yang belum ada rencana ke Lubuklinggau, sebaiknya segera ke kota yang berada di sisi barat Provinsi Sumatera Selatan dan berbatasan dengan Bengkulu ini.

BACA JUGA:Saat Tunggu Durian Ada Penampakan Mahluk Halus di Gedung Eks SD, Videonya Viral

Pasalnya saat ini di Lubuklinggau sedang musim durian. Diperkirakan puncaknya pada awal Agustus mendatang.

Seperti diceritakan Bandi, salah satu pengepul durian di Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

"Saat ini baru mulai akan puncak musim. Awal Agustus diperkirakan puncaknya," kata Bandi, saat di lokasi pengumpulan buah durian miliknya di Kelurahan Ulak Lebar, Ahad  24 Juli 2022.

Bandi menyebutkan, musim durian di Lubuklinggau diperkirakan akan bertahan sebulan kedepan. "Sebab masih ada kebun yang buahnya baru  mulai matang," katanya.

BACA JUGA:Durian Runtuh

Meski belum pada puncaknya, dirinya sudah banyak menerima pesanan durian.

Dia biasa mengirim buah durian ke Palembang, Sekayu, Sungai Lilin dan kadang ada yang pesan untul dibawa ke  Jakarta atau pulau jawa.

"Kami kirim berdasarkan pesanan. Kadang bisa 1.000-2.000 per hari. Berapa ada pesanan kita siapkan," katanya.

Saat dikunjungi di lapaknya, Bandi sedang memilah buah durian. Ada kelas super itu yang paling besar, kemudian kelas A, kelas B dan paling kecil kelas B.

BACA JUGA:Durian Low

Meski berbeda ukuran, tapi Badi menjamin kualitas isinya. Semua sama. Manis dan matang sempurna. "Ini semua buah jatuh sendiri. Tidak ada yang masak di peram atau diambil saat belum matang," katanya.

"Harga jual jumlah banyak itu harganya mulai Rp10 ribu hingga Rp30 ribu per buah," tambahnya.

Badi mengambil buah durian dari petani atau pekebun di daerah Ulak Lebar, Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

"Jadi dari yang punya kebun membawa buah durian, nanti kita tampung dan kita kirim ke pemesan," katanya.

BACA JUGA:Ini Loh, 5 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan

Dia mengaku sudah sejak lima tahun terakhir bermain buah durian. Dia mengatakan ada banyak penampung durian seperti dirinya di Lubuklinggau.

"Kan banyak kebun durian di Lubuklinggau. Bukan hanya di Ulak Lebar. Tapi juga ada di Lubuk Tanjung, Jukung, Air Kati dan sebagainya," tambahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: