Doa Hari Minggu Agar Terhindar dari Kejahatan dan Kesyirikan

Doa Hari Minggu Agar Terhindar dari Kejahatan dan Kesyirikan

Ilustrasi doa.-Foto: Net-

LINGGAUPOS.CO.ID - Hari Minggu atau Ahad merupakan hari pertama dalam hitungan hari dalam Islam.

Kata “Ahad” sendiri bermakna ‘satu’, karena dalam Islam hari Ahad sendiri merupakan hari pertama sebelum hari kedua yaitu Senin.

Sementara di Indonesia, sering menyebut hari Ahad sebagai hari weekend.

Biasanya hari-hari ini orang-orang melakukan liburan dan rekreasi tempat-tempat liburan untuk menghilangkan stress setelah enam hari melakukan aktivitas yang menyibukkan dirinya.

Sebagai umat islam, hendaknya kita membaca doa setiap hari, termasuk doa khusus pada hari Ahad.

Simak penjelasan doa khusus untuk hari Minggu ini hingga tuntas ya!

Minggu pagi merupakan waktu yang tepat untuk mengawali aktivitas, khususnya aktivitas olahraga atau rekreasi setelah seminggu penuh bekerja.  Tentunya kita perlu awali dengan doa menyambut pagi.

Imam al-Qahtani dalam kitab Hisnul Muslim menyebutkan suatu doa yang pas untuk dibaca pada pagi hari, juga bisa dibaca pada Minggu pagi.

Berikut doa minggu pagi yang bisa kita panjatkan:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمَلَك لله، وَالْحَمْدُ لله، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ، رَبِّ أَسْأَلُك خير ما في هذا اليوم وخير ما بعده وأعوذ بك من شر ما في هذه الليلة وشر ما بعدها ربِّ أعوذ بك من الكسل وسوء الكبر، ربَّ أعوذ بك من عذابٍ في النار وعذاب في القبر.

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as’aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar robbi, a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya:

“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”

Baca doa ini agar seseorang terhindar dari kesyirikan, kejahatan, dan melakukan dosa di hari tersebut. Berikut doa hari Ahad, yaitu sebagai berikut:

اللّهُمَّ إِنّي أَبْرَءُ إِلَيْكَ في يَوْمي هذا وَما بَعْدَهُ مِنَ الآحادِ، مِنَ الشِّرْكِ وَالْإلحْادِ ،وَأُخْلِصُ لَكَ دُعائي تَعَرُّضاً لِلْإجابَةِ، وَأُقيمُ عَلى طاعَتِكَ رَجآءً لِلْإثابَةِ

Allahumma inni Abrau ilaika fi yaumi hadza wa maa ba’dahu minal aahaad minasy syirki wal ilhad. Wa ahlishu laka du’ai ta’arrudhan lil ijaabah. Wa uqimu ala thaitika rajaan lil itsabah.

Artinya:

“Ya Allah aku ingin membebaskan diriku dari syirik dan kejahatan pada hari ini dan hari-hari Ahad setelahnya dan aku ikhlas atas doaku tanpa mengharap untuk dikabulkan dan aku akan menegakkan taatku untuk berharap pahala dari-Mu.”

Itulah doa yang dapat kita baca pada hari Ahad atau Minggu, agar terhindar dari kesyirikan dan melakukan dosa di masa-masa weekend.

Doa Hari Minggu yang Dipanjatkan oleh Fatimah Az-Zahrah

اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوَّلَ يَوْمِي هَذَا فَلَاحاً ، وَآخِرَهُ نَجَاحاً ، وَأَوْسَطَهُ صَلَاحاً ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَاجْعَلْنَا مِمَّنْ أَنَابَ إِلَيْكَ فَقَبِّلْتَهُ ، وَتَوَكَّلْ عَلَيْكَ فَكَفَيْتَهُ ، وَتَضَرَّعَ إِلَيْكَ فَرَحِمْتَهُ

Allahummaj’al awwala yamii hadza falaaha, wa aakhirahu najaahaa, wa awsathahu shalaaha, allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa aali muhammad, waj’alnaa mimman anaaba ilaika faqabbiltahu, watawakkal ‘alaika fakaffaitahu, wa tadharra’a ilaika farahimtahu.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah awal hariku ini sebagai kesuksesan dan akhirnya pun dipenuhi dengan keberhasilan serta pertengahannya diliputi dengan kebaikan. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan jadikanlah kami termasuk orang yang bertaubat kepada-Mu lalu Engkau menerima taubatnya dan orang yang bertawakkal kepada-Mu lalu Engkau melindunginya dan orang yang merendah di hadapan-Mu lalu Engkau mengasihaninya.”

Selalu Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Selain paparan doa di atas, umat Islam juga perlu untuk selalu membaca ayat Al-Qur’an setiap hari. Terutama setelah salat wajib lima waktu.

Membaca Al-Qur’an penting untuk kita lakukan, supaya kita hati yang tenang dan tentram.

Selain itu, keutamaan dari membaca Qur’an ini ini pun kita akan mendapatkan pahala yang banyak.

Sebagaimana Ibnu Mas’ud RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

من قرأ حرفا من كتاب الله فله حسنة والحسنة بعشر أمثالها لا أقول الم حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف

Artinya:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR At-Tirmidzi)

Demikianlah ulasan mengenai doa hari minggu ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi dan membuka pintu rezeki dan keberkahan bagi Anda.

Selain berdoa, kita juga tentu perlu melakukan ikhtiar untuk bisa mendapatkan rezeki. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: