Dewan Pers Segera Luncurkan MIND, untuk Memudahkan Instansi Bekerjasama dengan Media

Dewan Pers Segera Luncurkan MIND, untuk Memudahkan Instansi Bekerjasama dengan Media

Anggota Dewan Pers A Sapto Anggoro saat menyampaikan materi dalam media gathering Siloam Hospitals Silampari, Kamis (18/8/2022). --

LINGGAUPOS.CO.ID - Saat ini sedang digodok Media Index Dewan Pers (MIND)yang nantinya bisa menjadi acuan para pihak yang akan bekerjasama dengan media.

Demikian dijelaskan Anggota Dewan Pers A Sapto Anggoro, dalam media gathering Siloam Hospitals Silampari, Kamis (18/8/2022). 

A Sapto Anggoro menjelaskan hal ini berkaitan dengan keresahan semakin menjamurnya media namun belum terverifikasi, juga semakin banyaknya wartawan namun belum Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

BACA JUGA:Hakim Kabulkan Permintaan Terdakwa Kasus 13 Kg Sabu dan 2.200 Butir Ekstasi

Sementara mereka meminta hak yang sama dengan media terverifikasi. Ia pun memberikan contoh di Madura, Polres sampai didemo karena menyampaikan hanya akan melayani media terverifikasi dan wartawan yang sudah UKW. 

Makanya nanti melalui MIND ini, nantinya akan diberlakukan skor atau penilaian. 

"Jadi media yang terverifikasi nilainya sekian, kemudian wartawan sudah UKW nilai sekian. Nilai akhirnya akan menjadi alasan untuk bekerjasama, misal pemerintah daerah," katanya. 

BACA JUGA:Didemo Warga Karena 17 Agustus Tidak Meriah, Camat Ulu Rawas Berikan Jawaban Menohok

Di sana nantinya juga akan dijelaskan soal media yang spesialisasi. Misal tentang kesehatan, lingkungan dan lainnya.  "Jadi nantinya patokannya MIND," katanya. 

Program ini dijelaskannya baru kepada fase satu yakni pada Agustus - September 2022. Kemudian fase dua Oktober - Desember 2022 dan fase tiga pada Januari 2023. 

Sementara itu Direktur RS Siloam Silampari dr. Susanti Abdiwidjaja, M.Biomed mengatakan mendapatkan pencerahan dari Dewan Pers, dan pihaknya terbuka dengan media. 

BACA JUGA:Tragis, Dua Mahasiswa Kecelakaan, Satu Tewas

"Kami siap memberikan feedback yang baik untuk masyarakat. Karena rumah sakit juga bekerja dengan memberikan edukasi kepada pasien. Melalui media kami juga bisa mengedukasi masyarakat tentang kesehatan," tambahnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: