Yuk Dicatat, 4 Cara Cegah Kendaraan Agar Tidak Cepat Rusak

Yuk Dicatat, 4 Cara Cegah Kendaraan Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Mudah Agar Cegah Kendaraan Rusak.-Pixabay-

LINGGAUPOS.CO.ID - Kendaraan anda yang mengalami kerusakan yakni motor atau mobil pasti akan membuat anda frustrasi, stres, dan ketidaknyamanan, apalagi saat mobil atau mobil mogok pada malam hari.

Meskipun beberapa kerusakan berada di luar kendali anda dan terjadi secara tidak terduga, sebagian besar dapat dicegah.

Dilansir dari laman hixwrecker, berikut 4 cara mudah untuk mencegah kerusakan kendaraan selama perjalanan berlangsung.

BACA JUGA:Korea Selatan Banjir, Seoul dan Gangnam Terendam, 7 Orang Tewas

- Jangan Abaikan Tanda-tanda Peringatan

Sebelum mobil mogok, ia mengirimkan beberapa tanda peringatan. Mungkin Anda mendengar suara aneh atau melihat perubahan cara mengemudi kendaraan Anda.

Selain itu, berkat kemajuan teknologi, mobil Anda akan memberi tahu Anda tentang potensi masalah menggunakan tanda peringatan di dasbor.

Anda mungkin mendapatkan peringatan baterai, lampu periksa mesin, lampu tekanan oli, atau tanda peringatan suhu.

BACA JUGA:Honor Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu dan Pilkada 2024 Resmi Naik, Simak Rinciannya

Intinya jangan pernah mengabaikan tanda-tanda itu. Masalahnya meningkat ketika diabaikan, dan Anda bisa berakhir dengan tagihan perbaikan yang sangat besar. Memperhatikan rambu-rambu peringatan adalah cara yang murah untuk menghindari kerusakan kendaraan.

- Berkendara dengan Benar dan Aman

Kebiasaan mengemudi Anda sangat mempengaruhi kesehatan kendaraan Anda. Kebiasaan mengemudi yang buruk seperti menabrak lubang dan gundukan, mengendarai kopling atau rem, dan start dan stop yang sulit akan membuat bagian penting kendaraan Anda aus yang kemudian mengganggu kinerjanya.

Misalnya, menabrak lubang pada kecepatan tinggi merusak suspensi, ban, dan kemudi.

Kebiasaan mengemudi yang baik menjaga kesehatan mobil Anda, memastikan kinerja yang optimal, dan mencegah kerusakan yang mahal.

BACA JUGA:14 Orang Saksi Dihadirkan Dalam Sidang Bawaslu Muratara

Anda dapat mempraktikkan kebiasaan mengemudi yang baik ketika Anda mematuhi batas kecepatan, tetap fokus di jalan, menjaga jarak aman, dan menjadwalkan perawatan kendaraan secara teratur.

Ditambah lagi, coba hindari mengemudi secara agresif, jangan membebani kendaraan Anda, dan hindari pengereman yang terlambat.

- Periksa Ban

Ban kempes mengharuskan Anda memanggil truk derek untuk layanan derek. Sementara beberapa penyebab ban kempes berada di luar kendali Anda, seperti kondisi jalan yang buruk, yang lain dapat dicegah.

BACA JUGA:Pengakuan Pengurus Perbakin Musi Rawas yang Ditangkap

Misalnya, ban yang terlalu kempes dapat menyebabkan ban kempes. Anda dapat mencegah hal ini ketika Anda memastikan ban Anda memiliki tekanan ban yang benar.

Anda juga dapat mencegah sebagian besar masalah ban yang mengakibatkan kerusakan saat Anda sering memeriksa ban.

Pemeriksaan visual dapat mengungkapkan keausan ban yang tidak merata, area yang lecet dalam, dan tonjolan di dinding samping.

Kunjungi mekanik segera jika Anda mendeteksi masalah ban. Selain itu, mengemudi dengan hati-hati juga dapat mencegah kerusakan ban.

BACA JUGA:Motif Pembunuhan di Terawas Terungkap, Ternyata Sepele

- Servis Rutin Kendaraan Anda

Cara yang baik untuk menghindari kerusakan adalah dengan menyervis kendaraan Anda secara teratur.

Berdasarkan rekomendasi pabrikan Anda. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa melewatkan layanan menghemat uang Anda saat mobil tidak bermasalah, itu mahal dalam jangka panjang.

Selama servis, seorang profesional memeriksa semua komponen penting dalam kendaraan Anda, mulai dari mesin dan oli mesin, kemudi, suspensi, baterai, rem, ban, dan lampu.

Setiap masalah diidentifikasi sebelum memerlukan perbaikan dan penggantian yang ekstensif dan mahal dan menyebabkan kerusakan.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Ingat! Ini 4 Cara Cegah Kendaraan Agar Tidak Cepat Rusak, Yuk Dicatat               

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: