Pecinta Hewan Wajib Tahu, Ini 5 Makanan yang Tak Boleh Diberikan untuk Kucing

Pecinta Hewan Wajib Tahu, Ini 5 Makanan yang Tak Boleh Diberikan untuk Kucing

5 makananan yang tidak boleh dikonsumsi kucing--Pixabay--

LINGGAUPOS.CO.ID - Bagi pecinta hewan mungkin menganggap kucing bisa makan apa saja tanpa memikirkan dampaknya.

Ternyata kucing tidak boleh diberikan makanan sembarangan lho, pasalnya hal itu bisa berdampak pada kesehatannya.

Perihal makanan ini sangat penting diperhatikan, pasalnya agar kucing kesayanganmu bisa sehat selalu dan terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai.

BACA JUGA:Erling Haaland Gol Debut, The Citizens Unggul 1-0

Perlu diketahui, kucing pun perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisinya.

Jika kucing salah dalam konsumsi makanan, hal ini bisa bepengaruh pada kesehatannya di masa mendatang.

Dilansir dari alodokter, berikut sejumlah makanan yang dilarang diberikan ke kucing.

BACA JUGA:Setan Merah 'Dipatuk' Si Burung Camar 1-2

1. Susu dan produk susu

Sebagian pemilik kucing sesekali ingin memberikan susu untuk kucing sebagai hadiah. Namun, sebenarnya kucing tidak membutuhkan susu. Pemberian susu dan produk olahannya, seperti keju, justru bisa mengganggu pencernaan kucing.

Susu sapi mengandung gula laktosa yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan kucing. Akibatnya, konsumsi susu dan produk olahannya berisiko menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing, misalnya diare dan muntah, akibat intoleransi laktosa. Bahkan, sebagian kucing ada yang memiliki alergi susu.

Selain itu, susu sapi juga mengandung banyak lemak sehingga bisa membuat kucing mengalami kelebihan berat badan, apabila ia terlalu sering diberi susu. 

BACA JUGA:Bagnaia Menang, Ducati Dominasi Sirkuit Silverstone

2. Makanan Mentah

Makanan yang dilarang untuk kucing selanjutnya adalah makanan yang masih mentah, misalnya telur, daging, dan ikan mentah. Ini karena makanan tersebut umumnya mengandung bakteri, virus, atau parasit, yang bisa menyebabkan keracunan makanan pada kucing.

3. Alkohol, kafein, coklat

Sama seperti manusia, konsumsi alkohol juga bisa berbahaya bagi kesehatan kucing. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol bisa menyebabkan kucing muntah, diare, sulit bernapas, atau bahkan mati.

Konsumsi kafein, termasuk teh, kopi, dan semua jenis coklat, juga bisa berakibat fatal bagi kucing. Ini karena makanan tersebut mengandung zat yang berbahaya bagi kucing.

BACA JUGA:Meriahkan HUT RI PB Silampari Gelar Turnamen Bulutangkis Non Atlet

Jika kucing mengonsumsi makanan tersebut, ia bisa mengalami berbagai gejala, seperti muntah, diare, sering buang air kecil, hiperaktif, tubuhnya gemetar, hingga kejang atau mati.

4. Buah dan sayuran tertentu

Tak seperti manusia, kucing umumnya tidak membutuhkan buah atau sayuran sebagai bagian dari makanan sehari-hari. Beberapa potongan buah atau sayuran masih bisa dikonsumsi kucing, seperti timun, labu, brokoli, ubi, wortel, kacang polong, dan pisang.

5. Makanan anjing

Gigitan makanan anjing sesekali biasanya memang tidak membahayakan kucing. Namun, penting untuk diingat bahwa makanan anjing bukanlah pengganti makanan kucing. Ini karena kebutuhan nutrisi anjing dan kucing berbeda.

BACA JUGA:Mancing Ikan Gabus Gubernur Sumsel Herman Deru Happy

Meski umumnya terbuat dari bahan yang sama, makanan kucing telah diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing yang terdiri dari banyak protein, vitamin, dan asam lemak tertentu.

Masih perihal kucing, anda juga harus mengetahui bahaya bulu kucing lho.

Bagi Anda yang memelihara hewan di rumah, terutama kucing, bahaya bulu kucing merupakan hal yang penting untuk diwaspadai.

BACA JUGA:Putri Candrawati Gagal Besuk Ferdy Sambo, Sambil Menangis Jelaskan Percaya Suami

Hal ini bisa lebih berbahaya bagi ibu hamil, orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, atau penderita kondisi medis tertentu, seperti penyakit autoimun.

Berbagai Penyakit yang Disebabkan oleh Bulu Kucing

1. Penyakit cakar kucing (cat scratch disease)

Penyakit cakar kucing disebabkan oleh infeksi bakteri Bartonella henselae. Bakteri ini tak hanya mampu berpindah ke manusia lewat gigitan atau cakaran kucing, tetapi juga melalui bulu kucing.

Saat mengelus bulu kucing yang terkontaminasi bakteri dan secara tidak sadar langsung menyeka mata, Anda dapat berpotensi terkena penyakit ini.

2. Kurap (ringworm)

Kurap merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita pada kulit. Penyakit ini dapat ditularkan oleh hewan ke manusia, dan salah satunya adalah kucing.

Kucing merupakan hewan yang sering terinfeksi kurap. Hewan ini bisa terkena kurap apabila bulunya sering basah atau jarang dibersihkan.

3. Toksoplasmosis

Toksoplasmosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Parasit ini terdapat pada kotoran kucing yang sudah terinfeksi dan dapat menular ke manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: