Mudah Banget Lho, 5 Cara Bersihkan Paru-paru dengan Cara Alami

Mudah Banget Lho, 5 Cara Bersihkan Paru-paru dengan Cara Alami

LINGGAUPOS.CO.ID - Paru-paru yang kotor ternyata bisa disebabkan oleh berbagai hal di antaranya asap rokok, debu, zat beracun, dan virus maupun bakteri.

Paru-paru yang kotor juga ternyata bisa dibersihkan. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan paru-paru menjadi kotor dan tidak sehat.

Partikel-partikel tersebut bisa masuk ke paru-paru saat Anda menghirup udara yang terkontaminasi.

Dilansir dari alodokter, berikut sejumlah cara membersihkan paru-paru anda yang kotor.

BACA JUGA:Bandar Narkoba Diamankan di Kamar Hotel, 383,92 Gram Sabu Diamankan

1. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dalam jangka panjang bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan sel di paru-paru yang dapat memicu penyakit, seperti PPOK dan bahkan kanker paru.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa semakin cepat seseorang berhenti merokok, peluang paru-paru untuk sembuh semakin besar dan risiko mengalami kerusakan paru-paru permanen akan lebih rendah.

Oleh karena itu, jika ingin membersihkan paru-paru, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan berhenti merokok.

BACA JUGA:Ada 12 Paket Sabu di Dalam Kotak Senter yang Dibawa Dedy

2. Menghindari asap rokok

Meski tidak merokok, sering menghirup atau terpapar asap rokok juga bisa membuat paru-paru menjadi kotor. Ini karena asap rokok yang keluar dari mulut dan rokok yang dibakar mengandung ratusan racun yang berbahaya jika terhirup.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari sering berada di dekat orang yang sedang merokok.

3. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah dan sayuran. Hal ini karena antioksidan memiliki efek antiradang yang dapat melindungi dan menurunkan risiko kerusakan pada organ tubuh, termasuk paru-paru.

BACA JUGA:PTUN Palembang Akui Batalkan Akad Nikah Askolani dengan Nova Yunita

4. Menghindari paparan polusi

Sama halnya dengan asap rokok, sering terpapar polusi bisa membuat paru-paru menjadi kotor dan rusak. Oleh karena itu, bila sedang beraktivitas di luar ruangan dengan kualitas udara yang buruk, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi paru-paru.

5. Berolahraga secara rutin

Sering berolahraga dapat menjaga kesehatan, fungsi, dan kapasitas paru-paru. Beberapa jenis olahraga yang baik untuk paru-paru adalah jalan kaki, lari, bersepeda, dan berenang. Jika memungkinkan, hindari olahraga di luar ruangan ketika kondisi udara sedang kotor.

Dengan melakukan beberapa cara membersihkan paru-paru di atas, organ pernapasan Anda diharapkan menjadi lebih bersih, kuat, dan sehat.

BACA JUGA:AKP Herman Junaidi: Narkoba Tidak Akan Membuat Maju dan Pintar

Hal itu tentu juga akan memberikan efek positif pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Simak 5 Bersihkan Paru-paru dengan Cara Alami, Mudah Banget Lho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: