Yuk Buruan Dicoba, 5 Bahan Herbal Ini Diklaim Bisa Redakan Batuk

Yuk Buruan Dicoba, 5 Bahan Herbal Ini Diklaim Bisa Redakan Batuk

LINGGAUPOS.CO.ID - Batuk adalah respons tubuh untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan agar tidak masuk ke saluran napas bawah.

Salah satu penyakit yang biasa menyerang akibat daya tahan tubuh terganggu adalah batuk.

Ketika menderita batuk, tenggorokan dan dada terasa sakit dan cuaca yang tak menentu  dikaliam bisa mempengaruhi daya tahan tubuh.

Tenggorokan dan paru-paru juga menghasilkan sedikit lendir atau dahak untuk menjaga kelembapan pada jalan napas. 

BACA JUGA:Apron Bandara Silampari Diperluas, Bisa 6 Pesawat Standby

Batuk umumnya disertai dengan gejala lain, seperti pilek atau hidung tersumbat.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena banyak bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi batuk. 

Dilansir dari PMJ NEWS, berikut lima obat alami apabila terserang batuk.

1. Jeruk Nipis dan Kecap

Barangkali obat batuk alami satu ini sudah sangat umum dan populer sejak dulu untuk mengobati batuk. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis, mampu mengobati batuk serta meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit.

BACA JUGA:Hasil Autopsi Ulang: Sebagian Organ Tubuh Brigadir J Dibawa ke Jakarta

Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis mampu meringankan batuk. Sehingga memberikan sensasi lega pada tenggorokan.

2. Air Jahe dan Madu

Selain menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, air jahe dan madu juga cocok untuk obat batuk secara alami. Hangatnya jahe, bisa meredakan tenggorokan yang sedang tidak baik-baik saja.

Begitu juga dengan madu, sejak dulu bahan alami yang berasal dari lebah ini bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk batuk, apalagi dicampur dengan air rebusan jahe.

3. Air Putih Hangat

Khasiat air putih sudah dikenal sebagai obat ampuh untuk menyembuhkan batuk membandel. Pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh, dapat dihambat dengan rajin minum air hangat.

BACA JUGA:Ronaldo Datang Diantar Sir Alex Ferguson, Live Streaming Barcelona vs Juventus Klik di Sini

4. Nanas

Rasa asam manis yang ada pada nanas, dapat menjadi obat batuk alami karena mengandung enzim bromelain. Kandungan bromelain dari enzim proteolytic dan protease ini, memiliki sifat anti inflamasi.

Sehingga memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru. Akan tetapi Anda harus perhatikan, jika dikonsumsi dengan obat antibiotik, enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi keampuhan obat dalam melawan bakteri.

5. Kencur

Selain jadi bumbu dapur, kencur juga cocok jadi obat alami untuk mengobati batuk. Di dalamnya mengandung atsiri yang mampu membuat tenggorokan menjadi terasa lebih lega, seperti yang ada pada jeruk nipis.

Selain itu, kandungan dalam kencur juga dapat mengatur otot pada saluran pernapasan. Serta kencur bisa memberikan sensasi hangat seperti layaknya jahe.

Pengobatan dan Pencegahan Batuk

BACA JUGA:Bharada E Buka-bukaan di Komnas HAM, Siapa yang Menembak Akan Terkuak

Dilansir dari alodokter, selain dengan mengonsumsi obat batuk, ada beberapa upaya mandiri yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk. 

Caranya adalah dengan beristirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan mengonsumsi madu.

Selain itu, batuk juga bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Catat 5 Bahan Herbal Ini Diklaim Bisa Redakan Batuk, Buruan Yuk Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: