MAN 1 Lubuklinggau Gelar Matsama, Sekaligus Peletakan Batu Pertama Musolah

MAN 1 Lubuklinggau Gelar Matsama, Sekaligus Peletakan Batu Pertama Musolah

LINGGAUPOS.CO.ID - MAN 1 Model Lubuklinggau menggelar kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Lubuklinggau Tahun Ajaran 2022-2023 sekaligus Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rehabilitasi Musolah menjadi Rumah Tahfidz Al-Ulum, Senin (18/7/2022).

Kegiatan ini dihadiri Asisten lll  Bidang Administrasi Umum, Herdawan, Kabag Kesra, M Tarmizi T, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan, H Dian Chandera, perwakilan dari Polres, Kodim 0406 Lubuklinggau dan tokoh masyarakat, HA Rahman Sani.

Kepala MAN 1 Model Lubuklinggau, Taslim mengatakan,”Alhamdulillah Tahun 2022 ini Matsama MAN 1 Model Lubuklinggau berjumlah 407 peserta dan peserta Matsama ini akan kita laksanakan selama tiga hari di Madrasah ini,”katanya.

Taslim menjelaskan kegiatan Matsama ini yakni perkenalan, fokus pengenalan visi dan misi MAN 1 Model Lubuklinggau apa target-target yang akan dicapai kedepan dan kegiatan Matsama Tahun ini kami juga telah bekerjasama dengan Polres Lubuklinggau dan Kodim 0406 Lubuklinggau.

BACA JUGA:MAN 1 Lubuklinggau Kurban 3 Ekor Sapi

“Kami ucapkan terima kasih kepada Polres Lubuklinggau sudah memberikan izin Matsama selama satu hari siswa MAN 1 Lubuklinggau akan digembleng langsung di Mapolres Lubuklinggau dan Kodim 0406 Lubuklinggau berkaitan dengan kedisiplinan,kejahatan siber, hoax dan narkoba,”ungkapnya.

Kemudian kegiatan Matsama ini bekerjasama dengan Kodim 0406 Lubuklinggau berkaitan dengan bela negara, selama satu hari kami serahkan siswa kami untuk digembleng minimal pra bela negara langsung di Makodim 0406 Lubuklinggau. 

“Jadi selama dua hari kami serahkan anak-anak kami kepada orang-orang yang berkompeten untuk memberikan materi berkaitan dengan kedisiplinan dan bela negara,” katanya. 

“Ini sebagai wujud sungguh-sungguh menerima amanah ini dari orang tuat karena murid baru ini amanah dari orang tua untuk dititipkan di MAN 1 Lubuklinggau dan untuk kami siapkan mereka untuk menjadi pemimpin yang akan datang,” jelasnya. 

BACA JUGA:12 Pelajar MAN 1 Lubuklinggau Lulus UM-PTKIN dan 2 Lolos Tes Bintara Polri

Menurutnya, pendidikan itu 60 persen ditangan guru 60 persen, 40 persen ditangan orang tua dan kami akan menggunakan tanggung jawab kami yang sudah diberikan kepada orang tua yang 60 persen ini dan bayangkan 60 persen ini tidak dijalankan berarti hanya 40 persen pendidikan anak bisa dilaksanakan. 

“Maka kami akan serius serta doakan amanah yang telah diberikan orang tua kepada kami sehingga kami akan laksanakan dan Alhamdulillah MAN 1 Lubuklinggau dibidang prestasi akademik empat tahun berturut-turut meraih Juara Umum Olimpiade Sains Tingkat Kota Lubuklinggau,” jelasnya. 

Taslim menambahkan selama murid masih sekolah di MAN 1 Lubuklinggau maka kami wajib memberikan ruang kepada anak-anak kami untu berprestasi, berkreatifitas dan semuanya bisa dilakukan disini yakni dibidang keagamaan, sains, olahraga terbuka bisa mengapresiasikan disekolah ini. 

“Kami mempunyai visi kedepan MAN 1 Lubuklinggau mempunyai Rumah Tahfidz maka Musola dari Tahun 2002 hingga saat ini sampai saat ini seperti inilah maka dengan komitmen dengan bantuan dari Komite sepakat, semangat serta didukung masyarakat dan kami akan merehab Musola ini menjadi dua lantai dan kami akan pilih-pilih siswanya yang sanggup untuk menjadi  Hafidz Qur’an,”ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: