G1 Mataram Jadi Kampung Pancasila, Dandim Lubuklinggau Sebut Alasannya

G1 Mataram Jadi Kampung Pancasila, Dandim Lubuklinggau Sebut Alasannya

LINGGAUPOS.CO.ID  Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyono bersama Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud melaunching Desa G1 Mataram, Kecamatan Tugumulyo, sebagai Kampung Pancasila

Launching dilaksanakan Kamis (14/7/2022) di Lapangan Sepak Bola Desa G1 Mataram.

“G1 Mataram ini merupakan desa yang masyarakatnya majemuk, baik suku dan agama, budaya, maupun sosial. Sehingga G1 Mataram dipilih sebagai Kampung Pancasila,” kata Dandim, dalam sambutannya. 

Dandim juga menanamkan kembali, secara dini, nilai-nilai pancasila. Sehingga tercipta masyarakat yang saling menghormati, saling menghargai, saling toleransi.

BACA JUGA:6 Desa Jadi Sasaran GSMP di Mura

“Yang akhirnya tercipta kerukunan antar masyarakat,” katanya. 

G1 Mataram desa pertama yang dibentuk kampung Pancasila. Kampung ini diharapkan menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di wilayah Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara.

“Kedepan kita akan terus membangun atau membentuk Kampung Pancasila di seluruh wilayah Kodim 0406 Lubuklinggau,” ungkapnya.

Lanjut Dandim, ke depan di Kampung Pancasila, akan lakukan beragam kegiatan baik secara fisik maupun non fisik.

BACA JUGA:25 Ribu Warga Terima BLT Minyak Goreng Melalui Kodim Lubuklinggau

“Misalnya kegiatan fisik, itu bisa karya bakti, gotong royong secara bersama-sama. Non fisik bisa berupa pendidikan yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila,” tambahnya. 

Sebelum dilaunching, di Kampung Pancasila telah menggelar lomba mural atau graffiti, yang pesertanya pemuda di Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara. 

“Kita juga  membuat flim pendek yang menceritakan kehidupan warga Desa G1 Mataram. Ini untuk menebarkan nilai pancasila kepada masyarakat luas,” jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: