Tradisi Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia

Tradisi Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia

LINGGAUPOS.CO.ID - Umat muslim sedunia, tengah bersuka cita merayakan hari raya Idul Adha 1443 H. Pada umumnya, Idul Adha dimulai dengan melaksanakan salat Id, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, lalu pembagian daging ke masyarakat.

Namun, di sejumlah negara, perayaan Idul Adha juga diwarnai dengan beberapa tradisi unik, lho. Penasaran apa saja?

Berikut deretan tradisi unik perayaan Idul Adha di berbagai negara yang menarik untuk diketahui.

Negara dengan Tradisi Unik Merayakan Idul Adha

1. Menghias Hewan Kurban di Turki

Pertama, ada tradisi unik yang dilakukan warga Turki dalam perayaan Idul Adha. Di mana, mereka akan disibukkan dengan menghias hewan kurban terlebih dahulu sebelum disembelih.

Hewan-hewan tersebut dimandikan sampai bersih, dicat dengan hena, hingga dipasangkan pita warna-warni. Setelah disembelih oleh ahli, daging kurban kemudian diolah untuk kemudian dimasak dan disantap bersama keluarga atau tetangga terdekat.

2. Jalanan Penuh Darah di Mesir

Tradisi unik dan sedikit ekstrem saat perayaan Idul Adha bisa kamu temukan di Mesir. Jika biasaya menyembelih hewan kurban dilakukan di area masjid ataupun tempat khusus, hal tersebut tidak berlaku bagi masyarakat Mesir.

Mengutip dari Daily News Egypt, sudah menjadi tradisi masyarakat jika penyembelihan hewan kurban dilakukan di pinggir jalan.

Hal itu membuat jalanan Mesir menjadi berlumur darah saat hari raya Idul Adha. Adapun proses penyembelihan hewan kurban tersebut dapat dilakukan kapan saja mulai dari setelah shalat Ied, yaitu 10 Zulhijjah hingga matahari terbenam pada 13 Zulhijjah yang bertepatan dengan akhir hari tasyrik.

Berani melalui jalanan Mesir saat Idul Adha?

3. Salty Eid di Inggris

Perayaan Idul Adha di Inggris kerap disebut sebagai Salty Eid, atau Savory Eid. Hal tersebut lantaran, sebagian besar hidangan yang tersaji di hari itu memiliki cita rasa gurih.

Setelah melakukan penyembelihan hewan kurban dan mengadakan agenda kumpul bersama, perayaan Idul Adha di Inggris kemudian diakhiri dengan mengunjungi pasar malam atau festival yang diselenggarakan di beberapa kota.

Sebagai informasi, Islam merupakan agama terbesar kedua di Inggris, lho. Tak heran, perayaan Idul Adha di Inggris juga sangat terasa.

4. Memakai Baju Baru di Uni Emirat Arab

Kalau di Indonesia, membeli baju baru identik dengan perayaan Idul Fitri, ada yang unik dari negara Uni Emirat Arab (UEA).

Membeli dan menggunakan pakaian baru justru menjadi aspek utama saat perayaan hari raya Idul Adha. Melansir dari laman Abu Dhabi Culture, para pria akan membeli Kandoora baru (baju tradisional berupa jubah panjang berwarna putih) atau mewarnai salah satu kandoora mereka yang sudah ada dengan minyak kenari dan kapulaga.

Sementara para wanita juga akan mengenakan pakaian khusus, serta mewarnai rambut atau tangan mereka dengan hena. Selain itu, para anak-anak juga akan bersuka cita dengan menerima hadiah kecil.

5. Menyembelih Unta di Arab Saudi

Jika biasanya hewan kurban adalah kambing, sapi, domba, atau kerbau, hal berbeda bisa kamu temui di Arab Saudi.

Idul Adha di Arab Saudi didominasi dengan menyembeluh unta sebagai hewan kurban. Bukan itu saja, menariknya, daging kurban Arab Saudi juga akan disumbangkan sampai ke negara-negara lain yang membutuhkan, seperti di wilayah Afrika, Asia Tengah, hingga Asia Selatan.

Nah, itu dia beberapa tradisi unik perayaan Idul Adha di berbagai negara yang baru saja kamu simak. Mana yang paling menarik perhatianmu? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id