Pasenan dan Maur Lama Jadi Desa Peduli Pemilu

Pasenan dan Maur Lama Jadi Desa Peduli Pemilu

LINGGAUPOS.CO.ID - Desa Pasenan di Musi Rawas dan Desa Maur Lama di Musi Rawas Utara (Muratara) jadi Desa Peduli Pemilu. 

Di Sumsel ada delapan Desa Peduli Pemilu termasuk di Musi Rawas dan Muratara. Yakni di Kabupaten Lahat, OKU Selatan, OKU, Banyuasin, Empat Lawang dan PALI. 

Komisioner KPU Sumsel Hendri Almawijaya, Sabtu (2/7/2022) mengatakan program ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi penyelenggaran Pemilu dan Pilkada serentak 2024. 

Sekaligus sebagai upaya alternatif dalam mengatasi masalah kesulitan dalam merekrut SDM untuk dilibatkan tenaga badan adhock.

BACA JUGA:KPU Sumsel Sidak ke KPU Lubuklinggau, Ingatkan Kesiapan Pemilu

"Keterbatasan SDM sering terjadi di pedesaan terutama rekrutmen KPPS dan PPS. Warga desa yang memiliki jenjang pendidikan memadai, kebanyakan sudah tak lagi berdomisili di desanya alias pindah ke perkotaan," katanya. 

"Selain itu, rekrutmen badan adhock sering dibatasi pula dengan masalah periodeisasi dan usia," ungkap Hendri.

Kemudian juga ada program, Kelas Demokrasi, yakni cenderung berorientasi kepada pemberdayaan kaum milenial. 

Alasanyan pemilu kedepan membutuhkan penguasaan teknologi informasi yang didominasi kawula muda. Makanya sangat diharapkan partisipasi kaum milenial dalam pennyelengaran Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

BACA JUGA:KPU Lubuklinggau Usulkan Rp38,8 Miliar untuk Pilkada

Masih kata Hendri, KPU Sumsel juga akan menggarap kerjasama dengan perguruan tinggi dalam rangka pemenuhan kebutuhan tenaga badan adhock yang ada di KPPS. 

"Ada istilah mahasiswa pulang kampung. Jadi bagi mereka yang kuliah, namun secara administratif warga desa asal, diharapkan bisa menjadi KPPS. Nantinya pihak kampus diminta memberi kompensasi ataupun libur agak panjang. Dengan begitu, peluang keterlibatan mahasuswa pada Pemilu 2024 akan lebih besar," terang Hendri.

Terpisah, Komisioner KPU Muratara, Ardianto menambahkan, pihaknya mendukung dan siap membantu merealisasikan semua program KPU Sumsel, khususnya dalam suksesi Program Desa Peduli Pemilu pada penyelenggaraan Pemilu  Serentak 2024.

Apalagi program Desa Peduli Pemilu merupakan salah satu upaya KPU mendidik masyarakat untuk berkonstribusi dalam Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Sumber: