Jokowi Bakal Kunjungi Kiev, Ukraina, Budi Sudah Menunggu

Jokowi Bakal Kunjungi Kiev, Ukraina, Budi Sudah Menunggu

LINGGAUPOS.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Kiev. Informasi ini sudah menyebar di Ukraina.

Kontributor Harian Disway Bud Wichers yang kini berada di Odessa harus membatalkan jadwal kepulangannya.

Informasinya Presiden Jokowi bakal ke Kiev pada 28 Juni nanti setelah berkunjung ke KTT G7 di Elmau, Jerman.


Budi dalam perjalanan dari Odessa menuju Kiev, Kamis, 23 Juni 2022. Perjalanan berbahaya itu ditempuh selama 9 jam. -Bud Wichers/Harian Disway-

Budi sebenarnya sudah berencana pulang pekan lalu. Namun, ia memperpanjang waktu liputannya setelah mendapat tumpangan dari militer Ukraina ke Odessa.

Kini dia harus memperpanjang liputannya untuk kali kedua. Yang semula dijadwalkan cuma dua pekan, kini bisa sampai sebulan. “Pak Jokowi, saya tunggu di Kiev,” ujar Budi dalam perjalanannya dari Odessa kemarin, Kamis, 23 Juni 2022.

Fotografer kelahiran Indonesia yang diadopsi pasangan Belanda itu menyewa mobil kembali ke Kiev. Perjalanan 9 jam ke utara ditempuh dengan resiko ditembaki prajurit Rusia. Semua dilakukan demi bertemu Pak Jokowi.


Seniman jalanan duduk bersimpuh sambil memeluk akordeon ditemani sekor anjing di Odessa. Botol minuman sodanya diisi air putih. Odessa mengalami krisis air bersih setelah empat bulan invasi yang jatuh tepat hari ini, 24 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

 “Ada dua jurnalis Jerman yang nyaris tewas hari ini. Mobil mereka ditembak sniper. Kaca mobilnya sampai hancur,” ujar Budi.

Jika bisa selamat sampai Kiev, Budi berharap presiden memberinya tumpangan selama mengunjungi Ukraina. (harian disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway