Setelah Eril, Kembali Ada yang Tewas Tenggelam di Sungai Aare

Setelah Eril, Kembali Ada yang Tewas Tenggelam di Sungai Aare

 

LINGGAUPOS.CO.ID - Setelah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril tenggelam di Sungai Aare belum hilang dari ingatan.

 

Sungai yang berada di Bern, Swiss itu kembali menelan korban jiwa.

 

Sebelumnya Eril dinyatakan hilang sejak pada 26 Mei 2022 lalu. Bahkan butuh lebih dua pekan dalam proses pencariannya.

 

Eril dinyatakan meninggal dunia dan jasadnya ditemukan secara utuh di bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022.

 

Seperti dilansir dari police.be.ch, polisi Bern melaporkan tenggelamnya seorang pria tepat sebelum pukul 18.45 pada 18 Juni 2022.

 

Seorang pria dan tiga wanita pergi berenang di air, namun nahas pria itu kemudian alami kesulitan saat berenang hingga akhirnya ia tenggelam di Sungai Aare.

 

Berdasarkan keterangan, pria tersebut berhasil diselamatkan ke darat namun nahas nyawanya sudah tidak tertolong di dekat Altenbergsteg. Pria itu dikabarkan warga Swiss berusia 59 tahun yang tinggal di kanton Bern.

 

Kendati begitu, Sungai Aare Swiss tercatat memang bukan baru-baru ini saja menelan korban jiwa. Kabarnya 15 hingga 20 orang dinyatakan hilang di Sungai Aare setiap tahunnya.

 

Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad saat proses pencarian Eril sedang dilakukan beberapa waktu yang lalu

 

“Insiden serupa (saat ini, red) kira-kira terjadi antara 15-20 kasus setiap tahun,” kata Muliaman dalam konferensi pers yang disiarkan online, Sabtu, 28 Mei 2022.

 

Meski banyak kasus terseret arus, Sungai Aare tetap menjadi pilihan warga yang ingin berenang

 

Namun, untuk mengantisipasi kejadian serupa, pemerintah daerah sebenarnya telah melakukan banyak hal. Misalnya, memasang rambu-rambu atau menyajikan informasi di situs-situs milik pemerintah daerah.

 

“Berapa suhunya, kita tidak perlu datang karena pemerintah sudah menyampaikan data dan informasi yang lengkap. Termasuk perkiraan arus yang rata-rata 180-220 m3/detik,” katanya.

 

Dilansir dari bern.com, ada 6 peraturan yang harus diikuti jika ingin berenang di sungai Aaree.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id