Seleksi PPPK Lubuklinggau Tunggu Kepastian Siapa yang Memberikan Gaji

Seleksi PPPK Lubuklinggau Tunggu Kepastian Siapa yang Memberikan Gaji

LINGGAUPOS.CO.ID - Hingga saat ini, pemerintah pusat belum memastikan terkait gaji PPPK. Apakah bakal tetap dibebankan ke Pemerintah Daerah (Pemda) seperti tahun sebelumnya, atau dibebankan ke pusat.

Hal ini juga yang membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau belum juga bisa mengambil sikap, apakah akan membuka seleksi PPPK atau tidak ditahun ini.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menegaskan, akan menunggu kepastian dari pemerintah pusat terlebih dahulu.

“Kan persoalannya hanya masalah gaji. Dimana seharusnya bukan dibebankan ke daerah tapi dari pusat,” ungkap Nanan, sapaan akrabnya ini, Jumat (17/6/2022).

Ia memastikan, akan membuka seleksi PPPK tahun ini jika gaji PPPK dibebankan ke pusat.

“Kalau memang gajinya dari pusat maka kita akan buka seleksi PPPK. Kalau tidak, maka artinya akan menjadi beban APBD kita seperti yang lalu sampe puluhan milyar
. Kalau dibebankan ke kita seperti itu, ya kita enggak bakal buka seleksi PPPK,” tegasnya.

Sebelumnya mengenai jadwal, Kepala BKPSDM Kota Lubuklingau Yulita Anggaraini melalui Kabid Pengadaan dan Pengangkatan, Deny Nofriansyah menegaskan secara resmi pihaknya belum mendapatkan informasi jadwal seleksi PPPK 2022.

Bahkan saat ini pihaknya masih menunggu penetapan formasi dan jadwal resmi dari Kemenpan RB. Namun untuk usulan diakui Deny sudah mereka sampaikan. Dengan rincian tenaga kesehatan ada 28 orang dan guru 11 orang, sisa formasi tahun sebelumnya.

“Belum ada pemberitahuan secara resminya dari pusat. Kita juga masih menunggu itu,” tegas Deny.

Mengenai kepastian apakah Kota Lubuklinggau bakal membuka seleksi PPPK atau tidak tahun ini, pihaknya pun menunggu keputusan dari Wali Kota Lubuklinggau.

“Ketika juknis, termasuk formasi dan jadwal sudah diumumkan oleh pusat akan langsung kita ajukan ke Wali Kota Lubuklinggau. Yang kami usulkan 28 tenaga kesehatan dan 11 guru. Kami juga akan koordinasi dengan BPKAD terkait ketersediaan anggaran,” ungkapnya.

Ia menambahkan, PPPK maupun CPNS formasi tahun 2021 yang dinyatakan lulus sudah dilantik dengan rincian CPNS 71 orang, PPPK Guru tahap pertama 102 orang dan PPPK Guru Tahap 2 168 orang. (rfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: