Sembilan Saran BPSK Lubuklinggau Berkaitan dengan Minyak Goreng

Sembilan Saran BPSK Lubuklinggau Berkaitan dengan Minyak Goreng

LINGGAUPOS CO ID Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen BPSK Lubuklinggau H Nurussulhi Nawawi angkat bicara soal minyak goreng yang sedang viral di Lubuklinggau dan sekitarnya Berikut pernyataan H Nurussulhi Nawawi yang sebelumnya sudah sampaikan melalui akun facebooknya Bahwa kita semua sangat bisa membantu pemerintah dalam melakukan kerja pengawasan dan pengendalian Barang khususnya pada pemenuhan ketersediaan distribusi berikut kesesuaian harga berdasarkan nilai penetapan resmi pemerintah Bahwa semua perangkat kerja pelayanan publik yang telah maupun tengah dilakukan pemerintah sudah bergerak sangat maksimal untuk memberikan kepastian bahwa pendistribusian barang masih berlangsung dengan senantiasa menjaga konsistensi pemberlakuan Harga Eceran Tertinggi HET pemerintah yakni sebesar Rp14 000 untuk kemasan tegak premium berikut Rp13 500 untuk kemasan bantal sederhana Bahwa pemerintah pun masih terus berupaya melakukan pemenuhan kebutuhan minyak goreng melalui Operasi Pasar Terpadu agar tercipta iklim pemerataan mendapatkan barang di masyarakat dengan wajib pula mengintegrasikan semua kesahihan data terkait rencana dan realisasi Sehingga dapat secara komprehenshif memahami potensi masalah dan opsi solusi penyediaan barang dari berbagai sumber resmi seperti produsen Agen distributor pelaku retail moderen dan lain sebagainya Bahwa segala rencana dan tindakan oleh pemerintah akan terlaksana dengan baik apabila mendapatkan sepenuhnya dukungan dari masyarakat luas Sehingga penanggulangan issue kelangkaan minyak goreng dapat secara cepat dan benar benar diatasi Karena momentum krusial persiapan menghadapi bulan suci ramadan yang akan tiba diawal April 2022 sampai dengan Hari Raya Idhul Fitri adalah puncak grafik tertinggi kebutuhan Titik penentuan telah pulih dan ataukah semakin nadirnya tata niaga minyak goreng di Kota Lubuklinggau Harapan ita semua menjelang puasa ramadan prosesi normalisasi tata niaga minyak goreng sudah benar berlaku normal Bahwa sebagai konsumen WNI yang tercatat sebagai Warga masyarakat Kota Lubuklinggau tercinta kita semua dapat berperan aktif membantu pemerintah yang sangat bertujuan positif mengawasi dan mengendalikan masalah minyak goreng dengan berprilaku sebagai berikut 1 Membeli barang sesuai kebutuhan dan bukan karena keinginan 2 Mohon untuk tidak memanfaatkan situasi dengan menjadi oknum spekulan pelaku beli jual minyak goreng dadakan di atas HET pemerintah 3 Mohon untuk tidak mengupload informasi tanpa data fakta dan lebih mengedepankan asumsi sepihak bahkan menuduh dan atau mengkambinghitamkan suatu pihak sehingga berpotensi dapat menimbulkan suasana tidak kondusif dan atau emergency kritis akan minusnya ketersediaan suatu barang pokok dan penting di masyarakat 4 Mohon untuk tidak melakukan siaran langsung melalui media sosial dengan sengaja dan bahkan berulang ulang secara tidak seimbang pula menggambarkan suasana konsumen masyarakat melaksanakan antrian pembelian minyak goreng pada beberapa retail moderen di Kota Lubuklinggau 5 Mohon untuk tidak dengan sengaja bahkan secara terencana menyebarluaskan informasi masif yang bernuansa provokasi agar konsumen masyarakat mendatangi suatu retail oderen yang tengah mulai kembali rutin melakukan pemasaran minyak goreng 6 Mohon kepada semua Insan Pers dalam aktivitas penyebarluasan informasi publik selain selalu menjunjung tinggi profesionalisme proporsionalitas dan akuntabilitas untuk pula dapat turut serta berpartisipasi memelihara kondusifitas dalam upaya membantu pemerintah menormalisasi tata niaga barang pokok dan penting 7 Bahwa dalam rangka menghilangkan situasi Panic Buying berikut kian tumbuh suburnya praktek curang berupa spekulasi jual beli barang okok dan oenting oleh oknum spekulan baca Pedagang Dadakan Dimintakan partisipasi aktif dari semua konsumen masyarakat untuk dapat mengumpulkan bukti dan bertindak berani melaporkan oknum spekulan yang mencari untung sesaat berakibat sangat menyusahkan mayoritas pihak lain berikan bukti berupa kwitansi jika ada iklan promo percakapan baik Video FB IG WA prihal penjualan di atas HET lemerintah kepada aparat penegak hukum setempat agar secara terukur dapat dilakukan penindakan sesuai regulasi hukum dan perundang undangan yang berlaku 8 Diminta kesadaran semua konsumen masyarakat pada setiap berlangsungnya operasi pasar oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Lubuklinggau yang bekerjasama dengan produsen agen distributor untuk sekiranya bersikap bijaksana dan berlaku adil bagi sesama dalam mendapatkan minyak goreng sesuai dengan pedoman haknya masing masing Dengan istiqomah tidak berkenan mengambil hak konsumen masyarakat lain 9 Dimohonkan kepada masyarakat khalayak umum agar menolak keras jika ada bujuk rayu untuk menjadi joki dan atau sebagai person suruhan yang mau diperalat membeli dan menjual kembali kepada oknum spekulan tentunya dengan imbal jasa pemberian materi secukupnya Sejatinya spirit dari operasi pasar adalah memberikan pelayanan terbaik supaya semua masyarakat sebagai konsumen akhir dapat bertatap muka membeli barang sesuai kebutuhan dan dengan harga normal pula Bahwa dalam situasi kedaruratan tidak akan dapat berlangsung ideal dan apalagi sempurna pelayanan publik yang dijalankan oleh pemerintah Namun yakinlah evaluasi kinerja dan beberapa pembenahan sistem distribusi barang yang lebih dapat berdayaguna senantiasa dilakukan dengan sepenuh hati Termasuk pula komunikasi massa yang dilakukan oleh pemerintah pasti akan mengedepankan bahasa kondusif preventif akomodatif guna meminimalisir dan bahkan menihilkan keresahan konsumen masyarakat Mohon dapat difahami dan dimaklumi frame cara pandang ini agar dapat secara baik dan benar dalam menselaraskan semua program pemerintah dalam memberikan pelayanan maksimal dan terbaik kepada semua konsumen masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: