Wajib Tahu! Inilah Sejarah Sumpah Pemuda 1928, Lengkap dengan Deretan Tokoh di Baliknya

Senin 28-10-2024,11:02 WIB
Reporter : Siti Nur Asparina Rauda
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 jatuh pada Senin, 28 Oktober 2024, dan terdapat tema yang diambil dalam memperingati tahun ini yaitu Maju Bersama Indonesia Raya.

Hari Sumpah Pemuda ini kerap dirayakan setiap tahunnya sebagai pengingat bangsa Indonesia atas sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang sudah menebar semangat jiwa patriotisme serta menyatukan visi kebangsaan.


Sejarah Sumpah Pemuda 1928--Freepik

Adapun komitmen kebangsaan bersama yang jadi sebuah jati diri bangsa hingga saat ini yaitu bertumpah darah satu Tanah Air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, serta menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di 2024 ini dengan membawa tema Maju Bersama Indonesia Raya mengandung pesan bahwa untuk kejayaan Indonesia di masa depan yang berbudaya kemajuan ini haruslah dilakukan dengan bersama oleh segenap elemen bangsa.

Selain itu, hingga kondisi Indonesia jadi sebuah bangsa yang memainkan peran besar dalam konteks kancah pergaulan Internasional.

1. Sejarah Sumpah Pemuda dan Tokoh di Baliknya

BACA JUGA:Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024, Lapas Lubuk Linggau Laksanakan Upacara Bendera

Melansir dari laman Museum Pendidikan Nasional UPI, yang dikutip pada Senin, 28 Oktober 2024, sejarah Pemuda tepatnya ini diawali lewat rapat yang digelar pada 12 Agustus 1928.

Adapun para tokoh yang ikut terlibat yakni Katjasoengkana (Pemoeda Indonesia) Pembantu III: R.C.L. Senduk (Jong Celebes) Pembantu IV: Johannes Leimena (Jong Ambon) Pembantu V: Mohammad Rochjani Soe`oed (Pemoeda Kaoem Betawi).

Agenda Kongres Pemuda II ini menghasilkan Sumpah Pemuda Kongres Pemuda II yang digelar di 3 gedung yang berbeda dalam kurun 1 hari 2 malam yakni 27 hingga 28 Oktober 1928.

1. Rapat pertama dalam agenda Kongres Pemuda 2 ini diadakan pada Sabtu, 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlinge Bond, Lapangan Banteng.

BACA JUGA:Bapas Muratara Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024

2. Ketua Kongres Pemuda 2 Soegondo Djojopoespito pun membuka kongres tersebut dengan pidato pembuka yakni pada pukul 20.00 WIB.

Adapun beberapa poin penting yang disampaikan olehnya yakni seperti mengenai pentingnya kongres pemuda, sejarah organisasi pemuda, pendidikan, perbedaan Kongres Pemuda 1 dan 2, serta sebagainya.

3. Pidato Mohammad Amir Mohammad Amir, yakni asisten psikiatri di STOVIA, yang menyampaikan pidato pertama dalam agenda Kongres Pemuda Kedua

4. Pidato para perwakilan organisasi pemuda, yakni selain Dr. Mohammad Amir, sejumlah perwakilan organisasi pemuda lainnya yang juga turut menyumbang pidato di agenda Kongres Pemuda tersebut.

BACA JUGA:Peringati Hari Sumpah Pemuda 2024, Kodim 0406 Lubuk Linggau Gelar LKBB Piala Dandim Tingkat SLTA

Kategori :