Tol Pertama Penghubung Jambi - Sumatera Selatan Beroperasi Gratis, Mulai Hari Ini

Kamis 17-10-2024,15:29 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - Tol pertama yang menghubungkan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan sudah diresmikan dan telah beroperasi secara gratis mulai hari ini.

Jalan Tol penghubung Jambi- Sumatera Selatan yang masuk kedalam jalan Tol Trans Sumatera sudah diresmikan dan telah dapat dilewati.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan dua jalan tol Trans Sumatera, yakni ruas Indrapura- Kisaran dan ruas Betung- Tempino- Jambi pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Ruas jalan tol Betung- Tempino-Jambi sendiri akan menghubungkan provinsi  Sumatera Selatan dan provinsi Jambi.

BACA JUGA:Bupati Hj Ratna Machmud Buka Sosialisasi ILP Puskesmas BTS Ulu Musi Rawas

PT Hutama Karya (Persero) juga telah resmi mengumumkan tentang pengoperasian tol ruas Betung- Tempino- Jambi Seksi 3 tersebut.

Seksi 3 dari ruas Betung-Tempino-Jambi  ini akan menghubungkan kawasan Bayung Lencir ke Tempino dengan panjang 34 kilometer.

Jokowi menuturkan bahwa anggaran yang dikeluarkan untuk jalan tol Bayung lencir- Tempino adalah senilai Rp5,6 triliun.

“Telah selesai jalan tol Bayung Lencir- Tempino di Jambi sepanjang 34 kilometer habiskan anggaran Rp5,6 triliun, ini sudah dibangun sejak 2 tahun lalu dan jadi bagian Trans Sumatera,” ujar Jokowi saat peresmian.

BACA JUGA:Manfaatkan Barang Bekas, Bimker Lapas Narkotika Muara Beliti Sulap Menjadi Kerajinan yang Cantik

Tol Beroperasi Gratis 

Menurut EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Adjib Al Hakim mengatakan bahwa ruas tol penghubung Sumatera Selatan – Jambi beroperasi secara gratis mulai Kamis, 17 Oktober 2024 pukul 07.00 WIB.

Pengoperasian tol ini sendiri berdasakan pada Surat Keputusan Menteri PUPR No. 2798/KPTS/M/2024 tanggal 16 Oktober 2024, Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Betung- Tempino- Jambi Seksi 3 (Segmen Bayung Lencir- Tempino).

“Kamis pagi ini sudah kami operasikan tanfa tariff,” ujarnya dikutip LINGGAUPOS.CO.ID pada Kamis, 17 Oktober 2024.

BACA JUGA:Tol Penghubung Sumatera Selatan dan Jambi Telah Diresmikan Jokowi, Siap Beroperasi Gratis

Kategori :