Bidang Pertanian dan Perkebunan, Ini Yang Akan Dilakukan Rodi Wijaya dan Imam Senen Untuk Kota Lubuk Linggau

Senin 14-10-2024,09:40 WIB
Reporter : Budi Santoso
Editor : Budi Santoso

Kemudian terhadap bantuan alat mesin pertanian. Hal ini juga bisa mengoptimalkan produksi pertanian dan membuka lahan pertanian baru seperti eskavator atau biasa disebut Alsintan.

Maka upaya riil yang bisa dilakukan pemerintah adalah bagaimana dengan lahan yang sedikit produktivitasnya bisa dipertahankan atau ditingkatkan.

Lalu, pengembangan varietas bibit unggul buah sayur yang berbeda di setiap kelurahan, karena beberapa tempat masih terdapat sentra sayur lokal dan perlu dilakukan perluasan.

Setiap varietas memiliki spesifikasi sendiri-sendiri dalam hal habitat tempat ia tumbuh.

BACA JUGA:Mulai Hari ini Operasi Zebra Musi, Ada 7 Sasaran Penindakan di Lubuk Linggau

Artinya suatu varietas unggul di suatu daerah belum tentu dapat menunjukkan performa keunggulannya apabila ditanam di daerah lain yang tidak memiliki spesifikasi tempat tumbuh seperti yang dipersyaratkan dalam deskripsi dari varietas tersebut.

Oleh karena itu menjadi satu hal yang penting dalam usaha pertanian adalah pemilihan varietas sesuai dengan lokasi dan tempat dimana varietas tersebut akan dikembangkan.

Ada beberapa kriteria yang mempengaruhi sebagai dasar dalam pemilihan varietas yaitu antara lain,  ekosistem, yaitu sawah irigasi, tadah hujan, gogo monokultur/tumpangsari, rawa lebak/pasang surut.

Lalu Ketinggian tempat, yaitu rendah, sedang tinggi, Hama dan penyakit endemik, wereng coklat, bakteri, hawar daun, blas dan tungro dan selera pasar itu sendiri.(*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Kategori :