Lapas Narkotika Muara Beliti Sediakan Sarana Asimilasi dan Edukasi Budidaya Anggur Bagi WBP

Minggu 29-09-2024,16:11 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti sediakan sarana Asimilasi dan Edukasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Minggu 29 September 2024.

Salah satu kegiatan pembinaan keterampilan yang di berikan adalah budidaya tanaman anggur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program rehabilitasi dan reintegrasi sosial yang bertujuan untuk memberikan keterampilan baru kepada narapidana sehingga dapat mempermudah proses reintegrasi mereka ke dalam masyarakat setelah masa hukuman berakhir.

Dalam kegiatan ini, beberapa WBP yang terlibat aktif dalam perawatan anggur dari mulai penanaman hingga proses pemeliharaan tanaman. 

BACA JUGA:Gaspol Jaga Kebugaran, Kalapas Narkotika Muara Beliti Ajak Jajaran Bermain Tenis Lapangan

BACA JUGA:Jajaran Petugas Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Penguatan Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan Secara Virtual

BACA JUGA:Jajaran Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Sosialisasi dan Glorifikasi SPI KPK Kemenkumham RI

Mereka dibimbing oleh para petugas yang berada di bagian Bimbingan Kerja. Pembinaan ini tidak hanya berfokus pada aspek teknis perawatan tanaman, tetapi juga memberikan pengetahuan tentang manajemen kebun anggur, proses pengolahan anggur, dan strategi pemasaran produk hasil kebun.

Menurut Ronald Heru Praptama, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap sikap dan keterampilan para WBP. 

“Kami percaya bahwa memberikan keterampilan baru kepada warga binaan dengan memfasilitasi pembinaan budidaya anggur ini, akan membantu mereka mengembangkan potensi positif, membangun rasa tanggung jawab, dan membuka peluang pekerjaan setelah mereka kembali ke masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya, para WBP sendiri menyambut baik kegiatan ini dan merasa bangga dapat berkontribusi dalam proses perawatan anggur.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Pelantikan dan Sertijab Pimpinan Tinggi Madya dan Fungsional Ahli Utama

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Pelatihan Kader Kesehatan Bagi WBP

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Terus Berkomitmen Berikan Layanan Kesehatan Prima Bagi WBP

Kemudian, mereka melihat kegiatan ini sebagai peluang untuk belajar dan meningkatkan keterampilan, sehingga mereka dapat memiliki bekal yang cukup ketika kembali ke masyarakat. 

Kategori :