Asik! HP iPhone dan Android Akhirnya Akur, Bisa SMS Gratis, Ini Caranya

Rabu 18-09-2024,14:40 WIB
Reporter : Siti Nur Asparina Rauda
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID – Apple akhirnya menggulirkan pembaruan IOS 18 ke pengguna iPhone mulai pada Senin, 16 September 2024, yang mana salah satu fitur anyar di sistem operasi baru ini yaitu dukungan standar perpesanan Rich Communication Services (RCS).

Melansir dari laman GSMArena yang dikutip pada Rabu, 18 September 2024, fitur RCS ini dapat membuat HP iPhone serta Android jadi dapat akur sehingga dapat berkirim pesan lewat chat secara gratis tanpa perlu aplikasi pihak ketiga seperti Telegram atau WhatsApp.

Sebagai informasi, RSC merupakan standar perpesanan baru pengganti SMS/MMS.

Tentu saja berbeda dengan SMS dan MMS, karena komunikasi RCS ini memakai data layaknya WhatsApp serta Telegram.

BACA JUGA:HP Murah dengan Kamera 50 MP, Inilah Tampilan Samsung Galaxy F05 yang Resmi Meluncur

Adapun menurut penjelasan dari Apple, dukungan RCS pada IOS 18 ini bakal tingkatkan kualitas media yang dikirim pengguna melalui aplikasi pesan, khususnya lintas iPhone hingga Android.

"Saat mengirim pesan ke kontak non-Apple, aplikasi pesan kini mendukung RCS untuk media yang lebih kaya, dan pesan grup yang lebih andal dibanding SMS dan MMS," demikian penjelasan Apple tentang dukungan RCS di iPhone, dikutip dari situs resmi Apple.

Namun, pihak Apple tak merinci lebih lanjut mengenai dukungan RCS pada HP iPhone, yang jelasnya dukungan RCS ini secara umum memungkinkan pengguna Message di Android bisa dapatkan fitur seperti iMessage di iPhone.

Untuk itu, pengalaman dalam berkirim pesan lintas HP iPhone dan Android ini bakal terkesan lumayan sama.

BACA JUGA:Menjadi Pengisi HP Kelas Mid-Range, Ini Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy M55s

Selain itu ada juga dukungan kualitas media yang lebih baik, dan RCS juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi end-to-end (E2EE) guna melindungi pesan antar pengguna.

Bahkan ada juga indikator pada saat pengguna mengetik pesan atau saat pesan sudah dibaca serta lain sebagainya.

Walaupun demikian, ada beberapa fitur yang tak bakal berfungsi lagi saat pengguna HP iPhone dan Android berkirim pesan, walaupun Apple sudah mendukung RCS.

Seperti halnya fitur Send Later yang hanya dapat digunakan pada sesama pengguna iMessage saja.

BACA JUGA:Pembeli Untung Banyak! Inilah Review Jujur Itel P55 NFC, HP Rp1 Jutaan dengan RAM 8GB

Kategori :