Kembali Jadi WNI Sulit, Pensiunan PNS Lubuk Linggau Sudah Jadi WNA Malaysia Sejak 2022

Sabtu 04-05-2024,06:11 WIB
Reporter : Edi Sucipto
Editor : Endang Kusmadi

"Berkasnya sudah ditandatangani Direktur Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, jadi tinggal menunggu prosesnya saja," kata Iqbal.

Iqbal juga menjelaskan, sejak awal pihaknya sudah melakukan koordinasi  ke pusat dan memberikan arahan kepada yang bersangkutan dan pihak keluarga.

Namun, diakuinya tidak bisa asal kembali saja. “Karena bahasa kasarnya kami ini eksekutor jadi begitu sudah ada perintah dari pusat barulah dilaksanakan," terang Iqbal.

Karena lanjutnya, data yang ada Diduscapil ini sudah terintegrasi secara nasional. Karena itu tidak serta merta bisa dilakukan segera hari itu juga. 

BACA JUGA:3 Kali Ikut Pilkada, H Rustam Effendi Ambil Formulir Bakal Calon Wali Kota Lubuk Linggau di DPD NasDem

Apalagi, soal pengajuan pindah warga negara atau sebaliknya ingin  jadi warga negara Indonesia, bukan kewenangan Disdukcapil. 

Terpisah, Plt Asisten I Pemerintah Kota Lubuklinggau, Ira Dwi Ariyanti menjelaskan Pemkot Lubuklinggau melalui Disdukcapil telah berkoordinasi dengan Kemenkum HAM dan Ditjen Dukcapil. (Lengkapnya Nonton Video di Bawah ini atau klik link ini)

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Lubuklinggau, Firdaus Abki, selaku atasan Marliah, yang juga dihadirkan dalam jumpa pers tersebut membenarkan bahwa pihak Disdukcapil telah melakukan koordinasi dan membantu proses pengembian kewarganegaraan Marliah. 

Firdaus juga sependapat jika pihak keluarga dan juga Marliah, untuk menunggu proses tersebut. Terlebih setiap progres yang dilakukan Disdukcapil telah disampaikan kepada pihak keluarga. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Kategori :