5 Manfaat Mengonsumsi Bunga Lavender yang Diolah Menjadi Teh, Sangat Luar Biasa bagi Kesehatan

Senin 08-01-2024,21:00 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

Sedangkan, aroma dari lavender sendiri juga berkhasiat dalam proses pencernaan. Aromanya menstimulasi produksi empedu sehingga makanan dapat dicerna secara efisien. Efek penenang dari aroma lavender juga membantu meredakan rasa mual.

2. Memperbaiki Tidur

Nah Salah satu manfaat teh lavender adalah memberikan efek menenangkan. 

Efek ini dapat membantu orang-orang dengan masalah tidur.Dengan meminum teh lavender sebelum tidur dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari. 

BACA JUGA:Daftar Nama Anggota KPU Kota dan Kabupaten di Sumatera Selatan

Sedangkan berdasarkan berbagai penelitian, teh lavender meningkatkan produksi dopamine dan menurunkan hormon stres, yaitu kortisol. Efeknya adalah menenangkan pikiran.

3. Melegakan Saluran Pernapasan

Teh lavender memiliki efek antiinflamasi. Teh lavender dapat membantu melegakan gangguan saluran pernapasan dengan efek anti inflamasinya tersebut.

Dengan demikian, salah satu manfaat teh lavender dapat memperbaiki keluhan dengan membuat saluran pernapasan menjadi terbuka.

BACA JUGA:Pastikan WBP Sehat, Petugas Kesehatan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kontrol Dapur dan Blok Hunian

Selain itu, efek antibakteri pada teh lavender juga membantu membasmi bakteri penyebab flu. Hal inilah yang pada akhirnya dapat mengatasi keluhan hidung tersumbat dan membuat nafas menjadi lebih lega.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Teh lavender memiliki efek antiinflamasi, sehingga peradangan pada sendi maupun otot dapat teratasi. Dengan demikian, nyeri yang dirasakan dapat berkurang.

Selain itu, saat otot terasa kaku dan tegang karena aktivitas seharian, maka kamu dapat memanfaatkan teh lavender yang akan membantu meredakan ketegangan otot. 

BACA JUGA:HEBOH, Pulang Mancing, Warga Lubuklinggau Temukan Mayat Wanita di Teras Rumah

5. Memperbaiki Kesehatan Kulit

Kategori :